Jokowi Sebut Proses Transisi ke Pemerintahan Prabowo Berjalan Baik

Oleh: Bachtiarudin Alam
Sabtu, 05 Oktober 2024 | 12:38 WIB
Presiden Jokowi saat memberikan keterangan. (BeritaNasional/Bachtiar).
Presiden Jokowi saat memberikan keterangan. (BeritaNasional/Bachtiar).

BeritaNasional.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan proses transisi pemerintahan ke Presiden Terpilih Prabowo Subianto berjalan dengan baik. Dia memastikan tidak ada masalah dalam transisi ini.

Hal itu disampaikan Jokowi usai menghadiri HUT ke-79 TNI di Lapangan Silang Monas, Jakarta Pusat, Sabtu (5/10/2024). 

“Berjalan dengan baik. Berjalan dengan baik. Enggak ada masalah (terkait transisi pemerintahan),” kata Jokowi kepada awak media.

Jokowi hanya berpesan agar proses transisi badan-badan yang akan berjalan selama era pemerintahan Prabowo disiapkan sebelum momentum pelantikan.

“Badan-badan perlu dipersiapkan sebelum pelantikan saya kira, undang-undang, juga bisa diselesaikan,” kata Jokowi.

“Saya kira akan memuluskan keberlanjutan, akan melancarkan nanti memuluskan juga di hari pelantikan di tanggal 20 Oktober mendatang,” tambahnya.

Sebelumnya dalam pidato, Presiden Joko Widodo (Jokowi) sempat meminta agar TNI mendukung transisi pemerintahan ke Presiden Terpilih Prabowo Subianto. 

Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dilantik sebagai presiden dan wakil presiden pada 20 Oktober.

"Ke depan, kami menghadapi dua event besar di 20 oktober ini. Transisi kepemimpinan nasional pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih," ujar Jokowi saat HUT Ke-79 TNI di Monas, Jakarta, Sabtu (5/9/2024).

Jokowi meminta TNI menjaga stabilitas transisi pemerintahan. Jangan sampai ada riak yang berpotensi mengganggu keamanan.

"Saya minta jaga terus stabilitas, dukung penuh transisi pemerintahan, pastikan proses transisi berjalan dengan baik dan lancar. Jangan sampai ada riak yang berpotensi mengganggu keamanan negara," tegasnya.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: