TNI Harus Semakin Kuat dan Modern

Oleh: Sri Utami Setia Ningrum
Sabtu, 05 Oktober 2024 | 13:45 WIB
Ketua DPR RI Puan Maharani saat diwawancarai di gedung Parlemen, Jakarta. (Beritanasional/ahda)
Ketua DPR RI Puan Maharani saat diwawancarai di gedung Parlemen, Jakarta. (Beritanasional/ahda)

BeritaNasional.com -  Tentara Negara Indonesia (TNI) menjadi garda terdepan pertahanan negara. Ketua DPR Puan Maharani dalam keterangan tertulisnya menekankan tentang strategi geopolitik, dukungan SDM, sarana dan prasarana alutsista yang mumpuni harus terwujud di tubuh TNI demi mempertahankan, melindungi, dan memelihara keutuhan serta kedaulatan negara. 

“Menjadi TNI yang modern dengan tidak melupakan akarnya sebagai tentara rakyat akan membuat TNI makin kokoh dalam melaksanakan tugas pokoknya yakni menegakkan kedaulatan negara dan memertahankan keutuhan wilayah Indonesia tercinta,” ucap Puan.

Ia menyebut dengan dinamika geopolitik dunia yang semakin kompleks tugas TNI akan semakin berat. Sehingga dibutuhkan kesiapan dan dukungan yang besar dari pemerintah.

“Tapi sebagai alat pertahanan negara yang lahir dari rahim rakyat, saya yakin para prajurit TNI siap dengan segala tantangan yang ada"

Puan juga mendorong peningkatan kesejahteraan bagi prajurit TNI. Hal tersebut penting untuk memastikan tugas dan tanggung jawab dilakukan secara seimbang.

“Tugas yang diemban prajurit pertahanan negara kita tidaklah mudah. Jasa mereka dalam menjaga negara dan rakyat harus diapresiasi sebaik-baiknya,” tukasnya. 

Sebelumnya Puan menghadiri upacara HUT TNI yang diperingati setiap 5 Oktober. Upacara peringatan HUT  TNI ini digelar di kawasan Monas, Jakarta Pusat. Bertindak sebagai inspektur upacara yaitu Presiden Joko Widodo. Turut hadir Menteri Pertahanan (Menhan) sekaligus presiden terpilih Prabowo Subianto.

Peringatan HUT ke-79 TNI kembali dimeriahkan dengan parade militer dan defile alutsista, mulai dari terjun payung hingga aktraksi fly pass oleh prajurit. Tim pesawat Aerobatik Jupiter TNI juga menambah semarak peringatan HUT TNI tersebut. 

TNI mengerahkan lebih dari 100 ribu personel dan berbagai alutsista dari tiga matra (AD, AL, AU) pada peringatan hari jadinya yang ke-79 itu. Dengan banyaknya atraksi menarik alutsista, banyak warga antusias datang ke Monas pada peringatan HUT-79 RI ini.

Selain Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, tampak pula berbagai petinggi TNI di acara ini, mulai dari KSAD Jenderal Maruli Simanjuntak, KSAL Laksamana Muhammad Ali dan KSAU Marsekal Tonny Harjono.sinpo

Editor: Sri Utami Setia Ningrum
Komentar: