PT PAL Lakukan Perbaikan 41 Kapal TNI AL

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Minggu, 06 Oktober 2024 | 10:00 WIB
Ilustrasi  kapal  (Foto/Pixabay)
Ilustrasi kapal (Foto/Pixabay)

BeritaNasional.com - PT PAL menyatakan, proyek perbaikan atau refurbishment 41 kapal perang milik TNI Angkatan Laut (AL) jadi sejarah baru bagi Indonesia yang dikerjakan dalam kontrak 2023-2025.

"Ini program yang menjadi sejarah baru bagi Indonesia. Belum pernah Indonesia dalam satu waktu melakukan refurbishment 41 kapal perang, kecuali periode ini. Dan ini dipercayakan kepada PT. PAL sebagai lead integrator," ujar CEO PT PAL Indonesia Kaharuddin Djenod.

Dalam pengerjaannya, Kaharuddin menerangkan, proyek perbaikan ini melibatkan juga beberapa galangan kapal swasta untuk turut mengerjakannya dengan PT PAL sebagai leading sektornya.

Refurbishment ini, ujar dia, bukan hanya dilakukan untuk memperbaiki platform, namun juga memberikan pemutakhiran persenjataan.

"Juga perlengkapan persenjataan, yang tadinya belum ada misil kita pasang. Untuk nilainya ini sekitar 500 juta dolar AS, atau Rp6,7 triliun," ujarnya.

Semua proyek perbaikan itu, lanjut dia, beberapa telah selesai dan dilakukan sail pass, di Tanjung Priok bersama Presiden Joko Widodo dan Presiden terpilih Prabowo Subianto.

"Ini juga untuk menunjukkan bagaimana kekuatan alutsista mantra laut kita, sudah demikian kuatnya dan PT PAL menjadi lead integrator untuk menjaga itu semua," ucapnya.

Dikutip dari Antara, PT PAL menjelaskan, pada periode 2023-2025, mereka mengerjakan proyek yang telah berjalan di antaranya Proyek Alutsista (Kapal Frigate 1 dan 2, Kapal Landing Dock Philippines 1 dan 2 (export), Kapal Selam Scorpene, Kapal Export lainnya.), Proyek Non-Alutsista Nok Kapal BMPP-3, dan Pembangkit Listrik Tenaga Air Laut.
 sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: