Penggunaan Juru Bahasa Isyarat Diharap Tak Hanya di Peparnas

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Minggu, 06 Oktober 2024 | 23:36 WIB
Ilustrasi Event Peparnas (Foto/Unsplash)
Ilustrasi Event Peparnas (Foto/Unsplash)

BeritaNasional.com - Juru Bahasa Isyarat Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVII 2024 Dian Laila mengatakan, penggunaan juru bahasa tak hanya di event olahraga Peparnas saja.

"Harapan kami dan teman-teman berharap event-event di Indonesia, khususnya di Surakarta ini, bisa menggunakan juru bahasa isyarat. Lalu memberikan akses yang terbaik untuk masing-masing kebutuhan teman-teman dan melibatkan juga teman-teman disabilitas," kata Dian dikutip dari Antara.

Menurut Dian, penyelenggaraan Peparnas 2024 ini bisa berjalan dengan baik karena melibatkan berbagai pihak.

Dian menceritakan langkahnya menekuni profesi sebagai juru bahasa isyarat. Hal tersebut berawal dari Dian yang berkecimpung sebagai relawan dan kerap berinteraksi dengan disabilitas.

Pengalaman tersebut kemudian mengantarkannya untuk menjalani sejumlah kursus bahasa isyarat dan kini dipercaya untuk pertama kalinya menjadi juru bahasa isyarat di event olahraga.

Ke depan, Dian berharap, juru bahasa isyarat makin berkembang dan dapat mengedukasi masyarakat yang masih awam bahwa bahasa isyarat juga merupakan bahasa yang dapat menyatukan sesama.

"Harapannya ke depannya juru bahasa isyarat ini makin berkembang, orang-orang awam atau masyarakat itu makin paham bahwa ada yang namanya juru bahasa isyarat, ada yang namanya bahasa isyarat, karena ini kan bahasa yang berkembang dan ada yang namanya disabilitas seperti itu. Harapannya kita semua, masyarakat itu saling paham terkait aksesibilitas," ujar Dian.

Peparnas 2024 akan mempertandingkan 20 cabang olahraga yaitu para-panahan, para-atletik, para-bulu tangkis, boccia, para-catur, para-balap sepeda, sepak bola cerebral palsy, para-tenis meja, judo tunanetra, para-angkat berat, para-menembak, para-renang, para-taekwondo, voli duduk, tenpin bowling, anggar kursi roda dan tenis kursi roda serta dua cabang olahraga eksibisi yakni para-e-sport dan bola basket kursi roda.

 sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: