Januari 2025 ASN Pindah ke IKN

Oleh: Sri Utami Setia Ningrum
Selasa, 08 Oktober 2024 | 13:00 WIB
Situasi cuaca di IKN. (Foto/OIKN).
Situasi cuaca di IKN. (Foto/OIKN).

BeritaNasional.com -  Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas mengungkapkan Presiden Joko Widodo telah memerintahkan aparatur sipil negara (ASN) pindah ke Ibu Kota Negara (IKN) pada Januari 2025.

"Semalam saya dapat perintah dari Bapak Presiden melalui Pak Pratikno dapat perintah pada bulan Januari ASN pindah ke IKN," kata Anas dalam Gebyar Pelayanan Prima di Jakarta, Selasa, (8/10/2024).

Sebelumnya pemerintah telah merencanakan pemindahan ASN ke IKN direncanakan pada September 2024. Namun, hingga  Oktober belum juga terlaksana karena berbagai pertimbangan.

"Tadinya September ke Oktober, arahan presiden bukan soal apa tadi Pak Menteri PUPR yang juga Kepala OIKN tadi sampaikan sudah selesai. Akan tetapi, diminta ekosistemnya dibereskan," ujarnya.

Menurut Anas saat itu pihaknya akan segera menyiapkan skema pemberangkatan ASN ke IKN hingga insentifnya.

Sebelumnya, Jumat (4/10/2024) Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Suharso Monoarfa mengatakan pemindahan aparatur sipil negara (ASN) ke Ibu Kota Nusantara (IKN) sudah mengalami keterlambatan dari jadwal. Dengan kondisi tersebut maka pemerintah harus segera 
mengejar keterlambatan itu dengan  dilakukan skenario ulang penjadwalan pemindahan ASN ke IKN mulai bulan ini atau November 2024.

"Yang paling penting yang harus dipastikan adalah seluruh fasilitas untuk ASN yang pindah ke sana, termasuk dukungannya, misalnya mengenai kalau mereka sakit bagaimana. Itu aja dahulu. Misalnya, sekolah dan seterusnya mungkin belum ya. Kalau anak-anaknya mungkin masih belum ke sana," tukasnya. sinpo

Editor: Sri Utami Setia Ningrum
Komentar: