Investasi Apple Masih Kurang, Iphone 16 Belum Beredar di Indonesia

Oleh: Sri Utami Setia Ningrum
Selasa, 08 Oktober 2024 | 15:00 WIB
Ilustrasi SDM yang kompeten (Foto/Pixabay)
Ilustrasi SDM yang kompeten (Foto/Pixabay)

BeritaNasional.com -  Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mengungkapkan kendala utama produk teknologi terbaru Apple Inc yakni Iphone 16, yang belum bisa dipasarkan di Indonesia lantaran perusahaan tersebut belum merealisasikan investasi di Indonesia secara penuh.

 

Selama ini produk-produk Apple mulus masuk ke pasar Indonesia karena sudah mengantongi sertifikat tingkat komponen dalam negeri (TKDN). Namun, kata dia, saat ini masa berlaku sertifikat tersebut sudah habis, sehingga harus diperpanjang. 

 

"Saat ini proses perpanjangan sertifikat TKDN tersebut masih menunggu tambahan realisasi investasi dari Apple," ungkapnya. 

 

Hal ini disampaikan Agus dalam acara Rapat Kerja seluruh Kementerian/Lembaga dan Badan Usaha anggota Pokja Tim Nasional Program Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN), di Jakarta, Selasa (8/10/2024).

 

Agus menyampaikan realisasi investasi Apple baru mencapai Rp1,48 triliun, dari komitmen investasi adalah Rp 1,71 triliun. Artinya, masih terdapat kekurangan komitmen sekitar Rp235 miliar. Jika komitmen investasi tersebut direalisasikan, sambungnya, maka Apple akan mendapatkan nilai TKDN 40%. 

 

"Dengan demikian telepon genggam Iphone 16 dan produk-produk Apple yang menggunakan jaringan seluler bisa masuk ke pasar Indonesia," jelasnyasinpo

Komentar: