Profil Kevin Diks: Pemain Asing Keturunan Maluku yang Berpotensi Bela Timnas Indonesia

Oleh: Tim Redaksi
Rabu, 09 Oktober 2024 | 00:45 WIB
Kevin Diks pemain asing berdarah Maluku dirumorkan bakal menyambangi Jakarta. (BeritaNasional/Instagram)
Kevin Diks pemain asing berdarah Maluku dirumorkan bakal menyambangi Jakarta. (BeritaNasional/Instagram)

BeritaNasional.com -  Kabar Kevin Diks pemain bertahan andal FC Copenhagen merapat ke Timnas Indonesia semakin mencuat.

PSSI telah menunjukkan minat untuk memasukkannya ke dalam skuat Merah Putih, Diks mengungkapkan, “Agennya telah dihubungi oleh PSSI. Ini merupakan sebuah kehormatan bahwa mereka melihat saya sebagai tambahan yang baik untuk tim. Namun, saya masih dalam proses mempertimbangkan,” ujarnya dalam wawancara dengan media Denmark, Bold.

Kabar terbaru, Diks disebut-sebut akan ke Jakarta, namun bukan urusan kariernya bergabung dengan skuat Garuda. Informasi ini terungkap dari pesan langsungnya (DM) di Instagram kepada seorang netizen Indonesia, pemilik akun @zulham.subari.

Akun tersebut dikenal sering menggambar wajah pesepak bola, dan Zulham berniat untuk mengirimkan gambar wajah Kevin Diks kepadanya.

“Hello bro, bolehkah saya mengirim gambar saya?” tulis Zulham.

Menanggapi pesan itu, Kevin Diks menunjukkan ketertarikan pada gambar yang dibuat oleh Zulham. Dia juga mengisyaratkan bahwa dia akan segera pergi ke Jakarta. “Hey, Anda memiliki bakat dalam gambar. Saya bangga bisa digambar oleh Anda. Terima kasih,” balas Diks.

Diks kemudian melanjutkan, “Apa maksud Anda akan mengirimi saya gambar?” dan menambahkan, “Saya berharap bisa ke Jakarta segera. Jadi Anda tidak perlu mengirimnya (bisa diberikan langsung),” tulisnya.

Komentar Diks ini membuat heboh warganet. Banyak netizen yang berharap agar pemain yang memiliki darah Maluku ini dapat segera bersalaman dengan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dan menjalani proses naturalisasi.

Profil Kevin Diks 

Profil Kevin Diks

Nama Lengkap: Kevin Diks Bakarbessy
Tanggal Lahir: 6 Oktober 1996
Posisi: Bek
Klub Saat Ini: FC Copenhagen (Liga Super Denmark)
Kewarganegaraan: Belanda
Asal Keluarga: Indonesia-Maluku

Kehidupan Pribadi

Kevin Diks lahir di Belanda pada 6 Oktober 1996 dan memiliki darah Indonesia melalui ibunya, Natasja Diks-Bakarbessy, yang berasal dari Desa Waai di Pulau Ambon, Maluku. Nama belakang Bakarbessy menjadi simbol warisan Maluku yang kuat dalam diri Kevin. Dia juga memiliki seorang saudara laki-laki, Jamarro Diks, yang sebelumnya berkarir di liga Slovakia.

Karier Klub

Vitesse

Kevin memulai karier sepak bolanya di akademi Vitesse pada tahun 2005, setelah sebelumnya bermain untuk VIOS Vaassen dan AGOVV Apeldoorn. Debutnya di Eredivisie terjadi pada 24 Agustus 2014, saat menghadapi PEC Zwolle. Performa solidnya membuatnya memperpanjang kontrak dengan Vitesse hingga 2018.

Fiorentina

Pada 6 Juli 2016, Kevin bergabung dengan klub Serie A, Fiorentina. Meskipun debut resminya baru berlangsung pada 23 November 2016 melawan Cagliari, ia lebih sering dipinjamkan ke klub lain seperti Vitesse dan Empoli karena terbatasnya waktu bermain.

FC Copenhagen

Setelah menjalani beberapa masa pinjaman, Kevin Diks akhirnya bergabung dengan FC Copenhagen di Liga Super Denmark. Di sana, ia menjadi pemain reguler dan tampil gemilang di kompetisi domestik serta Eropa. Penampilannya menarik perhatian publik sepak bola Indonesia, terutama setelah PSSI menjalin komunikasi dengan agennya untuk membahas kemungkinan bergabung dengan Timnas Indonesia.

Karier Internasional

Kevin Diks memulai karier internasionalnya dengan membela Timnas Belanda U-19, debutnya terjadi pada 9 Oktober 2014 melawan Andorra U-19. Ia kemudian memperkuat Timnas U-20 dan U-21 Belanda. Meskipun sudah memperkuat tim junior Belanda, peluang Diks untuk mewakili Timnas Indonesia tetap terbuka, mengingat latar belakang Indonesia yang dimilikinya.

PSSI menunjukkan minat untuk memasukkan Kevin ke dalam skuat Merah Putih, terutama seiring dengan kemajuan Timnas Indonesia dalam beberapa tahun terakhir.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: