Tips Menghemat Keuangan Bagi Pelajar dan Mahasiswa agar Tidak Boros, Bagaimana Ya?

Oleh: Tim Redaksi
Jumat, 11 Oktober 2024 | 15:32 WIB
Ilustrasi keuangan. (Foto/freepik).
Ilustrasi keuangan. (Foto/freepik).

BeritaNasional.com - Bagi pelajar dan mahasiswa kerap kali bermasalah dengan pengelolaan keuangan lantaran masih terbatas. Simak yuk tips menghemat agar pengeluaran agar tidak boros.

Berikut tips hemat yang akan mengelola keuangan Anda tanpa boros :

1. Bawa Bekal Sendiri

Mengurangi jajan di luar bisa menghemat banyak uang. Cobalah untuk membawa bekal dari rumah. Ini tidak hanya lebih hemat, tetapi juga bisa lebih sehat.

2. Menggunakan Angkutan Umum

Pilihlah transportasi umum yang lebih terjangkau harganya di bandingkan dengan aplikasi kendaraan atau kendaraan pribadi yang harus membali bensin lebih besarnya.

3. Berolahraga di Tempat Gratis

Alih – alih berlangganan gym yang mahal, cobalah untuk olahraga di tempat gratis seperti tempat jogging di taman, bersepeda, atau mengikuti kelas online olahraga.

4. Menghemat Liburan

Hebatlah dengan liburan yang tidak hanya untuk bergaya, Anda dapat memanfaatkan fasilitas umum seperti taman kota, museum dengan tiket murah atau acara komunitas gratis

5. Perbaiki Barang Sebelum Membeli Baru

Sebelum membeli baru, periksa kembali barang lama masih bisa diperbaiki, seperti pakaian yang robek atau peralatan yang rusak.

6. Tentukan Batas Belanja Bulanan

Saat belanja bulanan harus tetap memperhatikan batas maksimal belanja barang maupun kebutuhan. Hal ini tentunya akan sangat menghemat kantong kalian.

7. Batasi Pengeluaran yang Tidak Perlu

Sebelum membeli sesuatu, tanyakan kembali pada diri sendiri apakah barang tersebut benar – benar diperlukan atau hanya keinginan sesaat.

Mengelola keuangan dengan bijak memang membutuhkan disiplin dan perencanaan, tetapi hasilnya akan sangat terasa di masa depan. Semoga tips – tips ini bermanfaat dan selamat mencoba mengatur keuanganmu dengan lebih baik.

Nailil Hikmah / Magangsinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: