Profile Rafael Struick, Pemain Timnas Indonesia yang Ciptakan Gol Indah ke Gawang Bahrain

Oleh: Tim Redaksi
Sabtu, 12 Oktober 2024 | 18:08 WIB
Pemain Timnas Indonesia Rafael Struick. (Foto/PSSI).
Pemain Timnas Indonesia Rafael Struick. (Foto/PSSI).

BeritaNasional.com - Rafael Struick akhirnya bisa mencetak gol pertamanya bagi Timnas Indonesia level senior. Hal ini terjadi saat Indonesia melawan Bahrani di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia putaran ketiga.

Dalam laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di Grup C yang digelar di Stadion Nasional Bahrain, Kamis (10/10/2024) malam atau Jumat dini hari (11/10) WI, skor pertandingan berakhir imbang 2-2.

Dia mencetak gol indah di mana pada menit ke-74 setelah melepaskan tendangan melengkung yang tak mampu diantisipasi oleh kiper Bahrain.  Gol Struick ini membuat Timnas Indonesia sempat unggul 2-1 hingga di penghujung pertandingan. 

Akan tetapi tuan rumah justru mampu membuat gol penyama kedudukan di menit 90+9 melalui sepakan Mohamed Marhoon.

Profil Rafael Struick

 

Rafael Struick adalah seorang pemain sepak bola profesional yang lahir pada 27 Maret 2003 di Leidschendam, Belanda. Ia lahir dari ayah bernama Brian Struick, warga Belanda keturunan Indonesia. Sementara ibunya, Soraya Noraly Soedito merupakan warga Belanda keturunan Suriname.

Rafael Struick memiliki nenek dari ayahnya yang lahir di Semarang pada 24 April 1952. Karena memiliki keturunan Indonesia, Rafael Struick pun diproyeksikan membela Timnas Indonesia U-20 di Piala Dunia U-20 2021 silam.

Ia dikenal sebagai penyerang sayap yang memiliki kecepatan dan kelincahan luar biasa di lapangan. Struick memulai karir sepak bolanya di akademi junior klub sepak bola Belanda, ADO Den Haag, dan berhasil menembus tim utama pada usia yang masih sangat muda. 

Performa impresifnya menarik perhatian banyak pengamat sepak bola, terutama karena kemampuan dribbling yang ciamik dan penyelesaian akhir yang akurat. Walaupun masih muda, ia telah menunjukkan kematangan dalam permainannya dan menjadi pemain kunci di klubnya.

Setelah melalui proses yang cukup panjang, Struick akhirnya resmi mengantongi paspor Indonesia.  Perjalanan naturalisasi Rafael Struick bersama Ivar Jenner mengambil sumpah setia sebagai WNI pada tanggal 22 Mei 2023. Rafael Struick memulai debut di Timnas Indonesia melawan Palestina pada tanggal 14 Juni 2023. 

Kehadiran Rafael Struick memberikan harapan besar bagi sepak bola Indonesia karena keahliannya yang mampu memberikan dimensi baru dalam strategi permainan. 

Meski karir internasionalnya baru dimulai, Struick dianggap sebagai salah satu prospek cerah yang dapat membawa dampak positif bagi sepak bola Indonesia di masa depan.

(Helvi Handayani/Magang)sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: