BMKG Catat Gempa Bumi Tektonik di Bogor, Segini Kekuatannya!

Oleh: Tim Redaksi
Minggu, 13 Oktober 2024 | 12:33 WIB
Ilustrasi gempa bumi. (Foto/freepik)
Ilustrasi gempa bumi. (Foto/freepik)

BeritaNasional.com -  Kota Bogor, Jawa Barat, kembali diguncang oleh gempa bumi tektonik pada Minggu (13/10/2024) pukul 10:20:41 WIB. Berdasarkan analisis dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa ini memiliki kekuatan magnitudo 2,8.

Episenter gempa terletak di koordinat 6.73 LS dan 106.66 BT, tepatnya di darat dengan jarak 21 km barat daya Kota Bogor, pada kedalaman 14 km.

Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang, Hartanto, menjelaskan bahwa gempa yang terjadi di Kota Bogor merupakan gempa dangkal akibat aktivitas sesar aktif di wilayah tersebut.

Peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG menunjukkan dampak gempabumi dirasakan di beberapa titik, terutama di wilayah Pamijahan, dengan Skala Intensitas II MMI. Getaran ini dirasakan oleh sebagian orang, dan benda-benda ringan yang digantung mengalami goyangan.

Hingga saat ini, belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan akibat gempa ini. Monitoring hingga pukul 10:45 WIB mencatat tiga kali kejadian gempa di lokasi yang berdekatan, dua di antaranya dirasakan oleh masyarakat.

BMKG mengimbau masyarakat untuk tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu-isu yang tidak jelas kebenarannya. Pastikan informasi resmi hanya berasal dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang terverifikasi.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: