Trump Serukan Hukuman Mati bagi Migran yang Bunuh Warga AS

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Minggu, 13 Oktober 2024 | 18:30 WIB
Trump serukan hukuman mati (Foto/Pixabay)
Trump serukan hukuman mati (Foto/Pixabay)

BeritaNasional.com - Calon presiden Amerika Serikat (AS) dari Partai Republik, Donald Trump mengatakan, migran sebagai penjahat berbahaya saat berkampanye di Aurora, Colorado pekan ini.

Trump bahkan menyerukan hukuman mati bagi migran yang membunuh warga negara AS. Seruan itu menunjukkan narasi anti-imigrasi Trump, yang memperoleh dukungan dari para konsituennya untuk maju pada Pemilihan Presiden Amerika Serikat.

Dalam beberapa minggu terakhir menjelang pemilihan 5 November, Trump semakin menitikberatkan pidato anti-imigrasinya saat bersaing dengan Kamala Harris. Isu imigrasi ilegal menjadi fokus utama pemilih, dan berdasarkan jajak pendapat, Trump dipandang sebagai sosok yang paling kompeten dalam menyelesaikannya.

"Saya dengan ini menyerukan hukuman mati bagi setiap migran yang membunuh warga AS atau petugas penegak hukum," kata Trump dikutip dari VOA.

Trump mengusulkan untuk memperluas penerapan hukuman mati kepada pelanggar lainnya, termasuk mereka yang dihukum karena perdagangan seks terhadap kaum perempuan dan anak-anak.

Hampir separuh negara bagian di Amerika Serikat melarang penerapan hukuman mati. Meskipun terdapat hukuman mati di tingkat federal, faktualnya jarang terjadi, menurut organisasi nirlaba, Death Penalty Information Center. 

Perluasan jenis kejahatan yang memenuhi syarat untuk hukuman mati akan memerlukan persetujuan Kongres Amerika Serikat.
 sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: