Ridwan Kamil Jual Nasi Uduk Sambil Serap Aspirasi Warga

Oleh: Lydia Fransisca
Minggu, 13 Oktober 2024 | 17:08 WIB
Bakal Calon Gubernur DKI Jakarta, Ridwan Kamil. (BeritaNasional/Tim RK)
Bakal Calon Gubernur DKI Jakarta, Ridwan Kamil. (BeritaNasional/Tim RK)

BeritaNasional.com -  Calon Gubernur Jakarta Nomor Urut 1, Ridwan Kamil, mendadak menjadi penjual nasi uduk di Duren Sawit, Jakarta Timur, pada Minggu (13/10/2024) pagi. Aksi ini dilakukannya saat blusukan di kawasan Banjir Kanal Timur (BKT).

Nasi uduk yang dijualnya merupakan makanan dari warung Nasi Uduk Ibu Kis. Ridwan Kamil kemudian menawarkan nasi tersebut kepada warga dan relawan yang hadir.

"Nasi uduk ikan tongkol, sambil duduk kita ngobrol," kata Ridwan Kamil sambil berpantun.

Selanjutnya, Ridwan Kamil menyantap nasi uduk dari Mak Kis sebagai sarapannya, sambil membuka sesi curhat bagi warga. Dalam sesi curhat, Mak Kis, penjual nasi uduk asli, meminta Ridwan Kamil untuk menstabilkan harga kebutuhan bahan pokok.

"Harga jual nasi uduk segitu-gitu saja. Kalau saya naikin karena harga bahannya naik, pembeli pada kaget. Tolong, Pak Ridwan, solusinya dihadirkan. Kalau boleh, saya juga ingin mendapatkan tambahan modal," kata Mak Kis.

Di kesempatan yang sama, Marjen, Ketua RT, juga menyampaikan curahan hatinya. Menurutnya, saat ini banyak warganya yang mengeluhkan soal Kartu Jakarta Pintar (KJP) yang dinonaktifkan.

"Saya berharap Pak Ridwan Kamil bisa melanjutkan KJP karena ini bagus untuk warga Jakarta yang kurang mampu," ujar Marjen.

Menanggapi hal tersebut, Ridwan Kamil akan melanjutkan program yang sudah diusung oleh gubernur sebelumnya yang dinilai bermanfaat. Meski begitu, ia juga akan menghadirkan inovasi, seperti kartu untuk anak yatim, kartu untuk pelayan rumah ibadah, dan kartu disabilitas.

"Untuk kestabilan harga bahan pokok, kami akan mengadakan pasar sembako murah setiap bulannya di kelurahan agar masyarakat bisa membeli bahan pokok dengan harga terjangkau, lebih murah dibandingkan harga yang terbentuk karena mekanisme pasar," ujar Ridwan Kamil.

Lebih lanjut, Ridwan Kamil mengklaim akan menyediakan anggaran hingga Rp 200 juta untuk setiap RW tiap tahun. Dana ini bisa digunakan untuk mengatasi persoalan yang ada di RW. Tak hanya itu, pasangan Ridwan Kamil-Suswono juga akan menaikkan insentif untuk RT, RW, PKK, pengurus Posyandu, dan lain sebagainya.

"RIDO juga memiliki program Kredit Mesra untuk membantu meningkatkan perekonomian warga Jakarta," tambahnya.

"Nasi uduk ini juga harus naik kelas. Tidak hanya ekonominya sukses di wilayah, tapi ekonomi UMKM juga harus sukses secara digital. Produk UMKM akan dipromosikan secara digital," sambungnya.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: