Menuju Kabinet Baru, 4 Ketum Parpol Bertemu Prabowo

Oleh: Panji Septo R
Selasa, 15 Oktober 2024 | 08:00 WIB
Ketum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar. (BeritaNasional/Lydia)
Ketum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar. (BeritaNasional/Lydia)

BeritaNasional.com -  Sejumlah ketua umum partai politik menyambangi kediaman Presiden terpilih Prabowo Subianto di Kertanegara, Jakarta Selatan, Senin (14/10/2024).

Dalam pantauan Beritanasional.com, ada empat ketum parpol yang hadir. Di antaranya, Ketum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar dan Ketum Partai Golkar Bahlil Lahadalia.

Selain itu, hadir pula Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Ketum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan (Zulhas).

AHY mengaku diminta bergabung dalam kabinet di pemerintahan yang akan datang. Ia bersyukur menjadi bagian kabinet tersebut karena diberi kesempatan untuk menjadi menteri.

“Ini sebuah kehormatan untuk bisa menjadi salah satu bagian dari tim yang Bapak Prabowo akan bentuk,” ujar AHY.

Ia tak membeberkan kementerian apa yang bakal ia pimpin. Akan tetapi, dia membicarakan soal pembangunan dengan presiden terpilih.

"Beliau ingin pembangunan ke depan semakin sukses, pembangunan itu fisik maupun SDM. Saya rasa menjadi satu bagian yang tak terpisahkan,” tuturnya.

Serupa AHY, Zulhas juga dipanggil untuk membantu pemerintahan ke depan. Menurutnya, ia diminta untuk membantu Prabowo dengan tugas yang amat mulia.

"Tadi diminta Bapak, Bapak Presiden terpilih agar membantu tugas yang teramat mulia agar nanti di pemerintahan yang dipimpin Pak Prabowo," ujar Zulhas.

Dirinya enggan membocorkan kementerian apa yang bakal dipimpin. Akan tetapi, Zulhas mengatakan Prabowo membicarakan soal swasembada pangan.

"Ya, paling tidak Pak Prabowo sudah lama ingin. Kita tidak punya waktu panjang, waktunya pendek kan, agar kita bisa swasembada pangan, agar kita bisa menjadi negara maju di 2045," kata dia.

Di sisi lain, Cak Imin mengungkapkan komitmennya untuk memperkuat kabinet pemerintahan Presiden terpilih Prabowo Subianto.

“Dengan hari ini diundang, berarti PKB akan memperkuat tim Pak Prabowo di dalam pemerintahan yang akan datang,” ujar Cak Imin.

Namun, ia enggan mengungkapkan posisi apa yang akan diembannya dalam kabinet pemerintahan Prabowo ke depan.

“Ya, nanti siapapun yang Pak Prabowo langsung sampaikan pada saatnya, hari ini belum sampai,” ucapnya.

Terakhir, Bahlil Lahadalia mengatakan pertemuannya dengan Prabowo membahas hal yang spesifik seputar kedaulatan kekayaan alam.

"Oh, saya berdua saja sama Pak Prabowo. Ya, bahas banyak hal menyangkut dengan urusan bagaimana kedaulatan terhadap sumber kekayaan kita," kata Bahlil.

Meski ia sudah dipastikan akan membantu di kabinet baru nantinya, Bahlil enggan menyebutkan secara khusus jabatan apa yang akan diembannya.

"Ya, tidak jauh dari apa yang sudah saya lakukan selama hampir 5 tahun ini," imbuhnya.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: