Progres Pembangunan LRT Velodrome-Manggarai Capai 31 Persen

Oleh: Lydia Fransisca
Selasa, 15 Oktober 2024 | 10:00 WIB
Kegiatan PJ Gubernur Kunjungan ke Pembangunan LRT Jakarta Fase 1B di Stasiun LRT Velodrome. (Foto: Diskominfotik DKI Jakarta
Kegiatan PJ Gubernur Kunjungan ke Pembangunan LRT Jakarta Fase 1B di Stasiun LRT Velodrome. (Foto: Diskominfotik DKI Jakarta

BeritaNasional.com -  Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono meninjau pembangunan LRT Fase 1B Velodrome-Manggarai pada Senin (14/10/2024) kemarin.

Heru mengungkapkan, progres pembangunan LRT Fase 1B ini mencapai 31 persen dan ditargetkan selesai pada 2026.

"Sejauh ini ada lima stasiun penghubung dari Velodrome dengan jarak sekitar 6,4 kilometer. Tinggal satu kilometer lagi (selesai). Kemudian, akan diuji coba menggunakan Maintenance Rail Vehicle (MRV),” kata Heru.

Heru berujar, pembangunan LRT ini merupakan komitmen Pemprov DKI dalam mengatasi kemacetan, salah satunya dengan memperbanyak layanan transportasi umum bagi warga.

"Hal ini akan terus dilaksanakan oleh Pemprov DKI Jakarta. Dan hari ini, sesuai komitmen kami, waktu pengerjaannya bukan hanya cepat, tapi melebihi target dari rencana awal," ujar Heru.

Heru pun berterima kasih dan mengapresiasi seluruh stakeholder yang terlibat dalam proses pembangunan LRT Jakarta Fase 1B sehingga proses pembangunan berlangsung lebih cepat dan melebihi target.

"Terima kasih kepada seluruh pihak yang sudah membantu proses pembangunan ini dari berbagai aspek. Kita berhasil melaksanakan dengan waktu yang cepat," ucap Heru.

"Saat ini baru selesai 31 persen pembangunan, yaitu dari Velodrome hingga Pramuka. Untuk sampai ke Manggarai, ditargetkan selesai pada 2026 dan setidaknya sudah bisa beroperasi pada awal 2027," lanjutnya.

Untuk diketahui, LRT Jakarta Fase 1B dibangun sepanjang 6,4 kilometer dan terdiri dari lima stasiun, yaitu Stasiun Pemuda Rawamangun, Stasiun Pramuka BPKP, Stasiun Pasar Pramuka, Stasiun Matraman, dan Stasiun Manggarai.

Sementara itu, LRT Jakarta Fase 1A yang sudah beroperasi memiliki jalur sepanjang 5,8 kilometer melewati enam stasiun, yaitu Stasiun Pegangsaan Dua, Stasiun Boulevard Utara, Stasiun Boulevard Selatan, Stasiun Pulomas, Stasiun Equestrian, dan Stasiun Velodrome.

Jika sudah rampung, total jalur LRT Jakarta dari Kelapa Gading, Jakarta Utara hingga Manggarai, Jakarta Selatan adalah sepanjang 12,2 kilometer dengan waktu tempuh perjalanan sekitar 26 menit.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: