Persiapan Pelantikan Presiden-Wakil Presiden Sudah 80%

Oleh: Bachtiarudin Alam
Jumat, 18 Oktober 2024 | 18:08 WIB
(BeritaNasional/Bachtiarudin Alam)
(BeritaNasional/Bachtiarudin Alam)

BeritaNasional.com -  Pelaksana tugas (Plt) Sekretaris Jenderal (Sekjen) MPR RI Siti Fauziah menyebut persiapan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih RI Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka hampir selesai.

"Kalau persiapan sebenarnya sudah kita lakukan jauh-jauh hari ya, kalau ini kan istilah tinggal implementasi," kata Siti jumpa pers di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (18/10/2024).

Bahkan, Siti menyebut gladi kotor telah ram[ung dilangsungkan siang tadi. Persiapan pelantikan saat ini telah mencapai 80%, artinya hanya tinggal memastikan kembali saat gladi bersih Sabtu (19/10/2024).

"Seperti nanti ruang VIP, VVIP 2 sekarang belum kelihatan apa-apa, tapi insyaallah nanti malam sudah selesai, artinya sudah 80 persenan lah ya," beber Siti.

Dia menerangkan pelantikan presiden dan wakil presiden yang digelar, Minggu (20/10/2024)akan menjamu sekitar 1.700 tamu yang merupaka undangan anggota dewan, tokoh negara, pejabat pemerintahan, sampai perwakilan dari negara sahabat.

"Jumlah undangan yang pasti adalah undangan dari anggota MPR yang berjumlah 732 dan tamu tamu lainnya kurleb 1100 yang akan memasuki ruang sidang paripurna," kata dia.

Lebih lanjut untuk gambaran acara pelantikan nanti, Siti menyebut acara akan dimulai tepat pukul 10.00 WIB diawali menyanyikan Indonesia Raya, dilanjutkan pembukaan oleh Ketua MPR, dan pembacaan keputusan oleh Ketua KPU.

“Lalu pengucapan sumpah janji dari presiden, dilanjutkan pengucapan sumpah janji dari Wakil Presiden. Lalu penandatanganan berita acara yang dilanjutkan oleh ketua MPR untuk pidato pertama Presiden 2024-2029,” kata dia.

“Nah setelah itu dilanjutkan dengan pembacaan doa, setelah pembacaan doa, kita prosesi selesai artinya ditutup dengan Indonesia Raya. Selanjutnya Presiden Terpilih akan memberikan ucapan terimakasih kepada kepala negara,” tambahnya.

Nantinya acara dinyatakan selesai sekitar pukul 11.23 WIB, dilanjutkan proses iring-iringan Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden, Gibran Rakabuming Raka meninggalkan Gedung MPR RI.sinpo

Editor: Sri Utami Setia Ningrum
Komentar: