Ada Pelantikan Prabowo-Gibran, Pimpinan MPR Minta Maaf Jika Lalu Lintas Jakarta Terganggu

Oleh: Ahda Bayhaqi
Sabtu, 19 Oktober 2024 | 16:22 WIB
Ketua MPR RI Ahmad Muzani. (BeritaNasional/Ahda).
Ketua MPR RI Ahmad Muzani. (BeritaNasional/Ahda).

BeritaNasional.com - Ketua MPR RI Ahmad Muzani menyampaikan permintaan maaf karena jalanan di Jakarta bakal macet ketika pelantikan presiden dan wakil presiden pada 20 Oktober besok.

"Mohon maaf bagi masyarakat Jakarta dan sekitarnya jika dalam perjalanan dan lalu lintas Jakarta kemudian terganggu akibat perjalanan dan acara ini," kata Muzani di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Sabtu (19/10/2024).

Sementara itu, akan ada 33 tamu VVIP setingkat kepala negara dari negara sahabat di Asean yang akan menghadiri pelantikan presiden dan wakil presiden besok.

"Kami sampaikan tamu tamu negara yang merupakan tamu tamu VVIP kami sudah mulai berdatangan sejak kemarin, hari ini, dan akan terus berdatangan. mohon doa dan dukungan dari seluruh masyarakat jakarta dan sekitarnya," kata Muzani.

Sementara itu, Korlantas Polri telah mempersiapkan skema pengalihan arus lalu lintas, guna memastikan kelancaran acara pelantikan Presiden-Wakil Presiden terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka yang akan berlangsung di Gedung DPR, Senayan, Minggu (20/10/2024).

“Kita akan memprioritaskan pergerakan VVIP untuk menuju acara pelantikan presiden dan wakil presiden,” kata Kakorlantas Polri, Irjen Pol Aan Suhanan dalam keteranganya, Sabtu (19/10/2024).

Sehingga, Jenderal Bintang Dua Polri ini mengimbau kepada masyarakat agar memaklumi apabila nanti terjadi kemacetan ketika iring-iringan VVIP melintas.

“Tentunya masyarakat diharap memaklumi Kepadatan arus lalu lintas yang terjadi dan mematuhi arahan petugas di lapangan,” kata dia.

Maka dari itu, guna memastikan kelancaran acara pelantikan Prabowo - Gibran. Pengendara yang hendak melintas akan dialihkan pada ruas jalan tertentu, berikut skemanya; 

1 Arus lalu lintas dari arah Tl. Lap. Tembak menuju JI Gatot Subroto, di putar balik di kolong sekat 2 atau dialihkan ke tanjakan layang Ladokgi arah Semanggi

2 Arus lalu lintas dari tol dalam kota yang akan keluar di off ramp Pulo Dua diluruskan ke arah Tol Tomang

3.Arus lalu lintas dari Jl. Palmerah timur menuju Jl. Gelora/pintu belakang Gd. DPR MPR RI diluruskan Jl. Tentara Pelajar / Jl. Permata hijau

4 Arus lalu lintas dari Jl. Gerbang Pemuda menuju Jl. Gelora / pintu belakang Gd. DPR MPR RI di belok ke kiri JI. Asia Afrika.

5.Arus lalu lintas dari jl. Asia afrika menuju TI. Lap. Tembak di belokan ke kanan jl. Pintu 1 Senayan atau di putar balikkan di TI. Asia Afrika

6.Arus lalu lintas dari arah Semanggi yang menuju Slipi dialihkan ke kiri di sekat 2 / Ladokgi ke Jl. Gerbang Pemuda.

7.Arus lalu lintas dari arah Slipi yang menuju Jl. Gerbang pemuda diluruskan ke arah Semanggisinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: