Ada Pelantikan Prabowo-Gibran, CFD Jakarta Hari Ini Ditiadakan

Oleh: Bachtiarudin Alam
Minggu, 20 Oktober 2024 | 05:32 WIB
Situasi kawasan car free day Jakarta. (BeritaNasional/Oke Atmaja).
Situasi kawasan car free day Jakarta. (BeritaNasional/Oke Atmaja).

BeritaNasional.com - Kegiatan Car Free Day (CFD) ditiadakan saat acara pelantikan Presiden - Wakil Presiden Terpilih, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka yang berlangsung pada hari ini, Minggu (20/10/2024).  

“Bertepatan tanggal 20 Oktober, itu adalah hari Minggu, yang biasanya hari Minggu itu adalah CFD. Tentunya, CFD ditiadakan,” kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Latif Usman kepada awak media, Kamis (17/10/2024).

Latif menungkapkan alasan ditiadakannya CFD di wilayah tersebut, karena sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin akan dilintasi tamu negara yang menghadiri acara pelantikan presiden dan wakil presiden di Gedung DPR/MPR RI. 

“Tentunya aktivitas masyarakat khususnya pengguna kendaraan bermotor ini akan sedikit terganggu, sehingga kami akan memberlakukan skala prioritas,” ujar Latif. 

Kemudian, Latif turut mengucapkan permintaan maaf kepada masyarakat yang mungkin nanti terganggu perjalannya ketika melintas di Jalan Sudirman-Thamrin.  

“Tentunya kita juga menghormati tamu tersebut, akan kita utamakan tamu tersebut untuk melewati Jalan Sudirman-Thamrin. Jadi masyarakat yang istilahnya aktivitas biasa, Akan sedikit kami kalahkan,” ucapnya.

Selain peniadaan CFD, polisi juga telah menyiapkan rekayasa lalu lintas dari Harmoni, Patung Kuda, Bundaran HI, Semanggi, termasuk di Bundaran Senayan. 

Berikut rekayasa lalu lintas yang telah disiapkan;

1. Arus lalu lintas dari arah Tl. Lap. Tembak menuju Jl. Gatot Subroto, di putar balik di kolong sekat 2 atau dialihkan ke Tanjakan Layang Ladokgi

arah Semanggi

2. Arus lalu lintas dari Tol Dalam Kota yang akan keluar di off ramp Pulo Dua di luruskan ke arah Tol Tomang

3. Arus lalu lintas dari Jl. Palmerah Timur menuju Jl. Gelora / Pintu belakang Gd. DPR/MPR di luruskan.

4. Jl. Tentara Pelajar / Jl. Permata Hijau arus lalu lintas dari Jl. Gerbang Pemuda menuju Jl. Gelora / Pintu belakang Gd. DPR/MPR di belok ke kiri Jl. Asia Afrika.

5. Arus lalu lintas dari Jl Asia Afrika menuju Tl. Lap. Tembak di belokan ke kanan Jl. Pintu 1 Senayan atau di putar balikkan di Tl. Asia Afrika

6. Arus lalu lintas dari arah Semanggi yang menuju Slipi dialihkan ke kiri di sekat 2 / Ladokgi ke Jl. Gerbang Pemuda

7. Arus lalu lintas dari arah Slipi yang menuju Jl. Gerbang Pemuda diluruskan ke arah Semanggi.


 sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: