Pertemuan Megawati dan Prabowo Bakal Digelar Usai Pelantikan Presiden

Oleh: Ahda Bayhaqi
Minggu, 20 Oktober 2024 | 10:17 WIB
Pertemuan Prabowo-Megawati digelar usai pelantikan (
Pertemuan Prabowo-Megawati digelar usai pelantikan (

BeritaNasional.com - Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri menyampaikan niat bertemu dengan Presiden 2024-2029 Prabowo Subianto usai pelantikan presiden dan wakil presiden. Pesan Megawati itu dititipkan kepada Ketua Fraksi PDIP Ahmad Basarah untuk disampaikan kepada Prabowo. Basarah sudah menyampaikan pesan itu kepada Ketua MPR dan Sekjen Gerindra Ahmad Muzani.

"Ibu Mega mengatakan kepada saya untuk disampaikan kepada Pak Muzani, Insya Allah setelah pelantikan presiden  pada hari ini, Bu Mega sudah mengagendakan silaturahmi dan pertemuan antara beliau dengan presiden Prabowo Subianto sebagai pertemuan dua tokoh bangsa yang saling bersahabat," ujar Basarah di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Minggu (20/10/2024).

Pertemuan Megawati dan Prabowo tidak lagi membahas hal yang bersifat pragmatis seperti tentang kursi menteri. Pertemuan itu sebagai dua orang sahabat dan tokoh bangsa.

"Pada pertemuan itu tentu tidak lagi berbicara hal-hal yang bersifat pragmatis, tentang kursi menteri, jabatan menteri, siapa menterinya, dan lain-lain. Tapi pertemuan itu diyakini sebagai pertemuan sahabat, dua tokoh bangsa yang akan memikirkan nasib dan masa depan bangsa indonesia, ketika Pak Prabowo memimpin bangsa ini," kata Basarah.

Puan Jadi Jembatan 

Ketua DPP PDIP dan Ketua DPR RI Puan Maharani bakal menjadi jembatan antara Megawati dan Prabowo. Puan yang akan mengatur kapan dan dimana pertemuan Megawati dan Prabowo digelar.

"Nanti Mbak Puan sebagai Ketua DPP Bidang Politik yang akan menindaklanjuti rencana silaturahmi dan pertemuan antara dua tokoh bangsa yang saling bersahabat itu," kata Basarah.

"Nanti kita tinggal bagaimana inisiasi dari Mbak Puan bagaimana untuk menjadwalkan waktu yang tersedia dari Pak Prabowo dan waktu yang tersedia dari Ibu Megawati," jelasnya.

Mengenai posisi politik PDIP pada pemerintahan selanjutnya, Megawati yang memiliki kewenangan secara resmi ke publik. Meski hal tersebut sudah disampaikan oleh Basarah kepada Prabowo melalui Muzani. Megawati juga akan menyampaikan posisi PDIP kepada Prabowo saat pertemuan mendatang.

"Mengenai materi, bagaimana posisi politik PDI Perjuangan dalam pemerintahan Prabowo ini sudah saya sampaikan langsung kepada Pak Muzani. Tapi menyampaikan secara terbuka ke publik, biarlah itu menjadi wewenang ketua umum PDI Perjuangan. Dan nanti akan disampaikan dan dijelaskan secara langsung pada saat ibu mega bertemu dengan presiden Prabowo subianto," kata Basarah.
 sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: