Jumlah Komisi DPR Periode 2024-2029 Menjadi 13 Ditambah Badan Aspirasi Masyarakat

Oleh: Lydia Fransisca
Minggu, 20 Oktober 2024 | 10:48 WIB
Presiden Indonesia periode 2024-2029, Prabowo Subianto. (BeritaNasional/Tangkapan Layar)
Presiden Indonesia periode 2024-2029, Prabowo Subianto. (BeritaNasional/Tangkapan Layar)

BeritaNasional.com -  Wakil Ketua DPR Saan Mustopa memastikan bahwa jumlah komisi untuk periode 2024-2029 akan berjumlah 13. Selain itu, akan ditambahkan juga satu badan, yaitu Badan Aspirasi Masyarakat.

"Ya, penambahan komisi sudah dipastikan menjadi 13 komisi, ditambah satu badan, yaitu Badan Aspirasi Masyarakat," kata Saan kepada wartawan di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (20/10/2024).

Meski demikian, dia masih menunggu Presiden terpilih Prabowo Subianto untuk mengumumkan jajaran kabinetnya guna menentukan bidang yang akan dikerjakan oleh masing-masing komisi.

"Nah, terkait dengan nomenklaturnya, Komisi 1 sampai 13 nanti membidangi apa saja, kita menunggu nanti malam ketika Pak Prabowo sebagai Presiden mengumumkan jajaran kabinetnya," ujar Saan.

"Jadi nanti kita akan lihat nomenklatur baru mana saja. Selama ini kita hanya mendengar akan ada namanya Menteri HAM, Menteri Hukum, dan lain-lain, tetapi yang resminya nanti malam," lanjutnya.

Setelah jajaran kabinet diumumkan, lanjut Saan, barulah pihaknya bisa menindaklanjuti dengan membagi bidang dan mitra tiap Komisi di DPR. Adapun tindak lanjut ini direncanakan dilakukan pada Senin (21/10/2024) besok.

"Nah, ketika nanti malam resmi diumumkan, maka Senin DPR sudah pasti akan menindaklanjuti dalam bentuk pembagian kementerian dan lembaga yang diumumkan pemerintah di komisi dari 1 sampai 13," ucap Saan.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: