Prabowo Yakin Indonesia Bisa Swasembada Pangan dalam 4-5 Tahun

Oleh: Ahda Bayhaqi
Minggu, 20 Oktober 2024 | 11:48 WIB
Presiden Prabowo Subianto saat berpidato. (Foto/YouTube Sekretariat Presiden).
Presiden Prabowo Subianto saat berpidato. (Foto/YouTube Sekretariat Presiden).

BeritaNasional.com - Presiden Prabowo Subianto menyinggung soal swasembada pangan untuk mencapai ketahanan pangan harus dilakukan dalam waktu singkat. Dengan begitu, Indonesia akan menjadi lumbung pangan dunia kemudian nantinya tidak bergantung sumber makanan dari luar negeri.

Begitu dikatakan Prabowo saat menyampaikan pidato pertamanya usai dilantik menjadi Presiden di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Minggu (20/10/2024).

“Saudara-saudara sekalian, saya telah mencanangkan bahwa Indonesia harus segera swasembada pangan dalam waktu sesingkat-singkatnya, kita tidak boleh bergantung sumber makan dari luar,” ujar Prabowo.

Menurut Prabowo, dalam kondisi sekarang ini masyarakat Indonesia masih kekurangan pangan. Kemudian, bahan pangan Indonesia masih banyak ketergantungan dari impor.

“Dalam krisis, dalam keadaan genting, tidak ada yang akan mengizinkan barang mereka untuk kita beli. Karena itu, tidak ada jalan lain, dalam waktu yg sesingkat-singkatnya, kita harus mencapai ketahanan pangan,” tegas Prabowo.

Lebih jauh, Prabowo menegaskan dirinya sudah banyak belajar bersama dengan pakar agar Indonesia mempunyai kemampuan mengelola kebutuhan pangan sendiri bagi masyarakat. Ia optimis dalam 4-5 tahun mendatang Indonesia akan menjadi lumbung pangan.

“Kita harus mampu memproduksi dan memenuhi kebutuhan pangan seluruh rakyat Indonesia. Saya sudah mempelajari bersama pakar yang membantu saya, saya yakin paling lambat empat sampai lima tahun kita akan swasembada pangan, bahkan kita siap menjadi lumbung pangan dunia,” tandasnya.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: