Gandrung Sewu Banyuwangi Siap Digelar Pekan Ini

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Senin, 21 Oktober 2024 | 17:00 WIB
Gandrung Sewu Banyuwangi siap digelar (Foto/Instagram Gandrung Banyuwangi)
Gandrung Sewu Banyuwangi siap digelar (Foto/Instagram Gandrung Banyuwangi)

BeritaNasional.com - Pemerintah Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, pada tahun ini kembali menggelar tari kolosal Gandrung Sewu yang menyuguhkan atraksi seni menawan oleh seribu penari gandrung di kawasan wisata Pantai Marina Boom Banyuwangi. Tepatnya pada 26 Oktober 2024 mendatang.

Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Banyuwangi Sugirah mengatakan, Gandrung Sewu merupakan salah satu budaya yang digelar oleh Banyuwangi sebagai atraksi pariwisata.

"Pergelaran Gandrung Sewu juga menjadi ajang konsolidasi budaya sekaligus upaya melakukan pelestarian dan regenerasi kesenian gandrung," ujar dia.

Agenda Gandrung Sewu tahun ini, lanjut Sugirah, akan kembali digelar di kawasan wisata Pantai Marina Boom 2024 dan pergelaran seni kolosal ini mengangkat tema besar "Payung Agung" terinspirasi dari keberagaman etnis yang ada di kabupaten ujung timur Pulau Jawa itu.

Dia mengatakan, di Banyuwangi sendiri terdiri beragam suku, mulai suku Osing Jawa, Madura, Mandar dan Bali, dan semuanya memberikan warna pada kehidupan seni dan budaya di daerah.

Gandrung Sewu menjadi agenda tahunan Pemkab Banyuwangi. Atraksi seni ini telah digelar sejak tahun 2012 atau 12 tahun silam dan animo masyarakat yang ingin terlibat dalam kegiatan ini setiap tahunnya tak pernah surut.

Menurut dia, ribuan siswa yang ingin andil sebagai penari dalam Gandrung Sewu ini terus bertambah, sehingga penyelenggara harus menggelar seleksi karena tingginya antusias pelajar yang ingin terlibat.

"Inilah salah satu bentuk regenerasi pelaku seni yang terus kami lakukan insya-Allah Banyuwangi tidak terlalu khawatir akan keberlanjutan kesenian daerahnya. Tidak hanya Gandrung Sewu, kami juga terus akan mendukung," ujarnya dikutip dari Antara.

Sejak 2023 agenda Gandrung Sewu juga menjadi salah satu kegiatan unggulan dalam Kharisma Event Nusantara (KEN) Kementerian Pariwisata.
 sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: