Bawaslu DKI: Masyarakat Jakarta Masih Belum Tahu Cagub-Cawagub Pilgub 2024"

Oleh: Lydia Fransisca
Selasa, 22 Oktober 2024 | 09:55 WIB
Bakal Calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta. (BeritaNasional/Oke Atmaja)
Bakal Calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta. (BeritaNasional/Oke Atmaja)

BeritaNasional.com -  Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) DKI Jakarta memenuhi undangan pertemuan dengan Penjabat (Pj) Gubernur Teguh Setyabudi untuk membahas persiapan Pilgub 2024.

Dalam kesempatan itu, Ketua Bawaslu DKI Jakarta, Munandar Nugraha, mengungkapkan bahwa publik masih belum mengetahui siapa saja sosok yang akan berkontestasi dalam Pilgub Jakarta 2024.

"Banyak pemilih muda yang belum mengetahui siapa saja calon gubernur yang akan maju dalam Pilkada kali ini," kata Munandar dalam keterangan resminya, Selasa (22/10/2024).

Oleh karena itu, ia mengusulkan agar Pemprov DKI Jakarta melakukan sosialisasi untuk meningkatkan kesadaran politik masyarakat.

"Termasuk melibatkan guru dalam memberikan literasi politik di sekolah-sekolah, mengingat para siswa adalah pemilih pemula," ujar Munandar.

Tak hanya itu, Munandar juga meminta Pemprov DKI Jakarta untuk menggelar sosialisasi bersama.

Lebih lanjut, Munandar turut menyoroti pemetaan Tempat Pemungutan Suara (TPS) di daerah elit dan kawasan rawan. Menurutnya, perlu ada penekanan saat pelatihan dan bimbingan teknis (Bimtek) bagi pengawas TPS.

“Kalau perlu, diadakan lebih banyak pelatihan dibanding TPS lainnya,” tambah Munandar.

Munandar juga menyoroti soal netralitas ASN, mengingat temuan pelanggaran netralitas ASN menjadi perhatian khusus Bawaslu RI.

Terakhir, Munandar menyambut baik rencana Pj Gubernur DKI Jakarta Teguh Setyabudi yang sedang mempersiapkan waktu, lokasi, dan format yang tepat untuk deklarasi netralitas ASN.

"Kami akan berkolaborasi dengan semua pihak terkait untuk memastikan netralitas ASN benar-benar terjaga," tandas Munandar.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: