Profil Mari Elka Pangestu, Utusan Khusus Presiden Bidang Perdagangan Internasional dan Kerja Sama Multilateral

Oleh: Tim Redaksi
Rabu, 23 Oktober 2024 | 06:30 WIB
Mari Elka Pangestu jadi utusan presiden (Foto/Instagram Mari Pangestu)
Mari Elka Pangestu jadi utusan presiden (Foto/Instagram Mari Pangestu)

BeritaNasional.com - Presiden Prabowo Subianto mengangkat Mari Elka Pangestu sebagai Utusan Khusus Presiden Bidang Perdagangan Internasional dan Kerja Sama Multilateral. Pengangkatan itu dituangkan dalam Keppres Nomor 76/M tahun 2024 tentang Pengangkatan Utusan Khusus Presiden RI tahun 2024-2029.

Seperti diketahui, Prof. Mari Elka Pangestu, M.Ec., Ph.D., menjabat sebagai Managing Director of Development Policy and Partnerships di Bank Dunia selama tiga tahun hingga Maret 2023. 

Mari juga seorang dosen ekonomi, dan ahli moneter. Ia pernah menjadi Direktur Pelaksana Bank Dunia dan Menteri Perdagangan Indonesia ke-26 serta Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ke-10. Ia adalah wanita menteri Indonesia pertama dari keturunan Tionghoa-Indonesia.

Mari telah menduduki banyak posisi penting dalam pendidikan dan pemerintahan selama kariernya. Dia ditunjuk sebagai Managing Director of Development Policy and Partnerships di Bank Dunia karena keahliannya dan dedikasinya untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan kerja sama internasional selama tiga tahun hingga Maret 2023. 

Ia merupakan profesor di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia dan terkenal dalam penelitian dan kontribusinya dalam bidang perdagangan internasional dan ekonomi pembangunan. 

Mari menjabat sebagai Menteri Perdagangan Indonesia dari tahun 2004 hingga 2011, berkontribusi pada peningkatan hubungan perdagangan dan pertumbuhan ekonomi Indonesia. Kemudian, dari tahun 2011 hingga 2014, beliau menjabat sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, berkonsentrasi pada pengembangan industri kreatif dan ekonomi kreatif di Indonesia.

Novita Dwiyanti/Magang
 sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: