Pimpinan DPR Akan Minta Laporan Komisi XIII soal Permintaan Tambahan Anggaran Kementerian HAM

Oleh: Ahda Bayhaqi
Rabu, 23 Oktober 2024 | 20:00 WIB
Pimpinan DPR akan meninjau permintaan penambahan anggaran Kementerian HAM (Beritanasional/Azra)
Pimpinan DPR akan meninjau permintaan penambahan anggaran Kementerian HAM (Beritanasional/Azra)

BeritaNasional.com - Pimpinan DPR akan meminta laporan Komisi XIII terkait permintaan tambahan anggaran menjadi Rp 20 triliun oleh Menteri HAM Natalius Pigai. DPR saat ini belum tahu apa saja yang diajukan penambahan.

"Kita belum lihat apa-apa saja yang diajukan dari 64 miliar ke 20 triliun, nanti kita akan lihat apakah masuk akal atau tidaknya. Kita akan lihat," ujar Wakil Ketua DPR Adies Kadir di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (23/10/2024).

Pimpinan akan meminta Komisi XIII yang membidangi HAM apakah ada permintaan resmi tambahan anggaran dari Kementerian HAM. DPR tentunya akan melihat apakah usulan tersebut masuk akal atau tidak.

"Kita akan Minta laporan dari teman-teman komisi XIII. Kebetulan saya membawahi komisi XI, XII, XIII, banggar, dan BAKN. Nanti kita akan lihat apakah make sense atau tidak," ujar Adies.

Sebelumnya, Menteri Hak Asasi Manusia (HAM) Natalius Pigai meminta anggaran yang diberikan kepada kementerian di bawah kepemimpinannya di atas Rp 20 triliun.

Ia mengaku sudah berbicara dengan Ketua Bappenas Rachmat Pambudy dan Menteri Keuangan Sri Mulyani jika negara mampu memberikan anggaran tersebut.

“Maunya di atas Rp 20 triliun. Saya ini orang pekerja lapangan. Kalau negara punya anggaran, saya maunya Rp 20 triliun,” ujar Pigai di Kemkumham dikutip Selasa (22/10/2024).

Dalam 100 hari pertama, Pigai mengatakan, pihaknya bakal menyusun nomenklatur di Kementerian HAM dan memantapkan struktur.

“Yang jelas dua tiga bulan ke depan nomenklatur, pemantapan struktur, pembentukan struktur, revitalisasi struktur,” tuturnya.sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: