7 Khasiat Gosokkan Es pada Wajah sebagai Rutinitas Perawatan Kulit

Oleh: Tim Redaksi
Kamis, 24 Oktober 2024 | 20:00 WIB
Ilustrasi batu es untuk perawatan kulit wajah. (Foto/Freepik)
Ilustrasi batu es untuk perawatan kulit wajah. (Foto/Freepik)

BeritaNasional.com - Menggosokkan es pada wajah telah menjadi salah satu tren perawatan kulit yang semakin populer. 

Metode sederhana ini sering disebut sebagai ice facial dan dipercaya memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan kulit.

Meskipun teknik ini terdengar sederhana, manfaatnya bagi kesehatan kulit sangatlah beragam. 

Berikut adalah beberapa manfaat menggosokkan es pada wajah yang dapat dijadikan sebagai rutinitas perawatan kulit yang dilansir dari laman kesehatan Healthshot:

1. Mengurangi Peradangan dan Kemerahan

Salah satu manfaat utama dari terapi es adalah kemampuannya dalam mengurangi peradangan dan kemerahan pada kulit. 

Es dapat membantu menenangkan kulit yang iritasi, misalnya akibat jerawat atau reaksi alergi. 

Sifat dingin dari es bekerja dengan cara mempersempit pembuluh darah, sehingga membantu mengurangi pembengkakan dan kemerahan.

2. Menyamarkan Kantung Mata

Menggosokkan es di sekitar area mata dapat membantu mengurangi tampilan kantung mata dan lingkaran hitam. 

Dingin dari es bekerja untuk mempersempit pembuluh darah, yang pada gilirannya membantu mengurangi retensi cairan di bawah mata, penyebab utama kantung mata.

3. Mengecilkan Pori-pori

Pori-pori yang besar sering kali membuat kulit terlihat tidak rata dan menjadi tempat ideal untuk kotoran dan minyak berlebih menumpuk, yang dapat menyebabkan jerawat. Menggosokkan es pada wajah membantu mengecilkan pori-pori dengan cara mengencangkan kulit, sehingga membuat kulit tampak lebih halus dan pori-pori lebih kecil.

4. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Terapi es pada wajah dapat merangsang sirkulasi darah yang lebih baik. Saat es diaplikasikan pada kulit, pembuluh darah menyempit, lalu setelah es diangkat, pembuluh darah kembali melebar. Proses ini meningkatkan aliran darah, memberikan kulit tampilan yang lebih segar dan bercahaya.

5. Membantu Mengurangi Jerawat

Bagi mereka yang sering berjuang melawan jerawat, terapi es bisa menjadi solusi alami. Dingin dari es membantu meredakan peradangan dan mengurangi produksi minyak berlebih, dua faktor utama yang sering memicu timbulnya jerawat. Es juga dapat membantu mengeringkan jerawat yang sudah meradang, mempercepat proses penyembuhannya.

6. Mengencangkan Kulit

Dengan rutin menggosokkan es pada wajah, kulit akan terasa lebih kencang dan elastis. Efek dingin yang diberikan es dapat membantu memperlambat tanda-tanda penuaan, seperti garis halus dan keriput, karena kulit yang dingin cenderung lebih kencang.

7. Memberikan Efek Segar dan Relaksasi

Tidak hanya memberikan manfaat fisik, terapi es juga bisa memberikan efek relaksasi. Rasa dingin yang menyegarkan dapat membantu mengurangi stres setelah seharian beraktivitas, sekaligus memberikan sensasi segar pada kulit yang lelah.

Cara Menggunakan Es dalam Rutinitas Perawatan Kulit

Mengaplikasikan es pada wajah sangatlah mudah. Berikut beberapa tips agar penggunaannya lebih efektif:

- Bersihkan wajah terlebih dahulu sebelum mengaplikasikan es untuk memastikan tidak ada kotoran yang terjebak di pori-pori.

- Gunakan kain tipis untuk membungkus es sebelum menggosokkannya pada wajah guna menghindari kontak langsung yang berpotensi menyebabkan iritasi.

- Gosokkan es secara perlahan dan melingkar di seluruh area wajah selama 1-2 menit, lalu biarkan kulit kering dengan sendirinya.

(Fadia Rahma Baitullah/Magang)sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: