Jenderal Sigit Hadiri Rakor Bersama Kementerian, Ternyata Bahas Hal Penting Ini

Oleh: Tarmizi Hamdi
Senin, 25 Maret 2024 | 13:30 WIB
Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo (SinPo.id/ Ashar)
Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo (SinPo.id/ Ashar)

Indonesiaglobe.id - Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo menghadiri rapat koordinasi (rakor) yang digelar Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) bersama lintas kementerian dan lembaga di Hotel Bidakara, Jakarta, Senin (25/3/2024).

‘’Rakor dihadiri langsung Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo untuk membahas kesiapan penyelenggaraan mudik-balik Lebaran dan Operasi Ketupat 2024,’’ tulis Humas Polri.

Kementerian Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Kementerian Perhubungan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Kementerian Agama, Kementerian Perdagangan, Panglima TNI, Pertamina, Basarnas, BNPB, dan beberapa lembaga lain.

Kepala Biro Multimedia (Karomulmet) Divisi Humas Polri Brigjen Pol. Gatot Reply Handoko mengatakan kepada jajarannya bahwa hari ini digelar rakor lintas kementerian kesiapan Operasi Ketupat 2024.

Operasi Ketupat dilaksanakan selama 13 hari dimulai 4 April sampai 16 April 2024. Ada 145.161 personel gabungan terdiri atas personel Polri, TNI dan instansi terkait lainnya yang turut terlibat.

“Biasa dalam rakor dibahas kesiapan masing-masing kementerian dalam penyelenggaraan mudik-balik lebaran,” kata Gatot.

Setelah dilaksanakan rakor lintas kementerian dilanjutkan dengan rapat internal Polri terkait kesiapan Operasi Ketupat 2024 yang dipimpin oleh Assop Kapolri.

Polri mengantisipasi berbagai hal untuk kelancaran arus mudik dan balik Lebaran 2024 yang diprediksi ada 193,6 juta orang yang melakukan perjalanan.

Berbagai kesiapan yang dilakukan Polri, di antaranya menyiapkan rekayasa lalu lintas seperti contra flow, sistem satu arah (one way) dan alternatif terakhir penerapan ganjil-genap.

Rekayasa lalu lintas dilakukan di ruas jalan tol dimulai dari KM 0 Tol Jakarta hingga KM 141 Kalikangkung, Semarang. Begitu pula sebaliknya. Dimulai saat arus mudik pada tanggal 5 April dan arus balik 16 April.

Juga diberlakukan pembatasan kendaraan angkutan barang sumbu tiga ke atas di ruas jalan tol mulai 5 April.

Polri juga menyelenggarakan program mudik gratis untuk mengurangi pemudik sepeda motor dengan menyediakan 400 bus dengan kapasitas 20 ribu penumpang.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: