Ambisi Timnas Indonesia Pecahkan Rekor 20 Tahun Tak Pernah Menang di Vietnam

Oleh: Harits Tryan Akhmad
Selasa, 26 Maret 2024 | 10:53 WIB
Timnas Indonesia. (Foto/PSSI).
Timnas Indonesia. (Foto/PSSI).

Indonesiaglobe.id - Timnas Indonesia bakal melakoni leg kedua kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia kontra Vietnam. Pertandingan yang akan berlangsung Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, Selasa (26/3/2024) malam, skuad Garuda mempunyai ambisi khusus meraih poin dari tuan rumah.

Dalam dua pertandingan terakhir, Timnas Indonesia bisa meraih kemenangan dari Vietnam walaupun hanya dengan skor tipis. Di Kualifikasi Piala Dunia 2026 yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Indonesia menang 1-0 dari VIetnam. Kemudian, Indonesia juga meraih kemenangan dari Vietnam di Piala Asia 2023 dengan skor 1-0.

Walaupun memiliki bekal yang baik, Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong menyatakan pertandingan leg kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 kontra Vietnam akan berlangsung tidak mudah bagi tim asuhannya. Ia bilang, Vietnam selalu menjadi lawan yang sulit bagi Timnas Indonesia.

Di sisi lain, Persiapan timnas Indonesia juga terganggu dengan absennya sejumlah pemain. Skuad Garuda tidak diperkuat Sandy Walsh yang terkena akumulasi kartu kuning, Marc Klok lantaran untuk menjalani pemulihan cedera tendon achilles di Singapura.

Selain itu Nadeo Argawinata, Dimas Drajad, Pratama Arhan, Ivar Jenner yang mengalami sakit. Namun, Shin Tae-yong dapat menurunkan dua pemain naturalisasi baru yakni Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen. 

Masuknya dua pemain tersebut membuat Shin yakin timnas Indonesia punya peluang meraih tiga poin sekaligus memutus rekor buruk tidak pernah menang di kandang Vietnam yang bertahan sejak tahun 2004.

"Kami sudah melakukan persiapan supaya bisa menampilkan performa bagus di pertandingan besok. Mungkin akan lebih berat karena kami bermain di kandang Vietnam. Tapi menurut saya kami punya peluang untuk menang," kata Shin Tae-yong sebagaimana dilihat dari laman PSSI, Selasa (26/3/2024).

Shin Tae-yong turut menyadari pertandingan melawan Vietnam adalah laga penting bagi kedua tim untuk memuluskan langkah lolos ke putaran ketiga bersama Irak. Diketahui, sejauh ini hanya Irak punya kans paling bagus untuk melaju ke putaran ketiga sebagai juara grup.

Di sisi lain, pelatih asal Korea Selatan ini mempunyai ambisi untuk memecahkan rekor Timnas Indonesia yang tak pernah menang di Vietnam dalam 20 tahun terakhir. Shin Tae-yong pun optimis hal tersebut bisa dipatahkan dalam laga nanti malam.

"Banyak pemain Indonesia yang masih belum berpengalaman, namun saya sadar mereka punya keinginan dan kemampuan untuk menghadirkan performa terbaik. Rekor selalu bisa dipecahkan, jika kita tidak memenangkan Vietnam lagi dalam 20 tahun terakhir. Tapi saya yakin rekor itu akan dipecahkan sekarang," bebernya.

Saat ini, timnas Indonesia berada di posisi kedua klasemen sementara Grup F dengan raihan 4 poin dari 3 laga. Skuad Garuda sebelumnya mengalahkan Vietnam 1-0 di SUGBK, Jakarta, Kamis (21/3/2024) lalu.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: