Ribuan Pengungsi Banjir Kudus Sudah Pulang ke Rumah Masing-Masing

Oleh: Panji Septo R
Kamis, 28 Maret 2024 | 12:17 WIB
Ilustrasi banjir (Foto/Pixabay)
Ilustrasi banjir (Foto/Pixabay)

Indonesiaglobe.id - Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Abdul Muhari mengatakan, ribuan pengungsi banjir di Kudus telah pulang ke rumah masing-masing.

Menurutnya, para pengungsi yang tersisa sekitar 2.300 orang kembali sejak Rabu (27/3/2024) pukul 19.00 WIB sehingga jumlah pengungsi banjir Kudus menjadi nihil.

"Jadi para pengungsi sudah kembali ke rumah masing-masing baik itu pengungsi yang dari Kabupaten Kudus," ujar Muhari dalam kanal YouTube BNPB Indonesia, Kamis (28/3/2024).

Menurut Muhari, pengungsi yang sudah pulang ke kediamannya masing-masing itu berasal dari lokasi pengungsian di Gedung DPRD Graha Mustika.

"Secara keseluruhan untuk kudus saat ini pengungsi sudah nihil jadi tidak ada lagi pengungsi di kabupaten Kudus," tuturnya.

Selain itu, dia juga mengatakan para pengungsi dari Kabupaten Demak tersisa 1.498 yang berada di 13 titik. 

"Tersisa 1.498 di Karanganyar itu 1100 Kecamatan Demak itu 235, Kecamatan Mijen 15, dan Kecamatan Gajah 89 jiwa," kata dia.

Saat ini, Muhari mengatakan, pihaknya sedang mencegah adanya kenaikan muka air di Demak. Selain itu, BNPB juga berupaya melakukan pemompaan genangan secara terus-menerus 24 jam.

Hal itu dimaksudkan agar jalanan cepat kering sehingga bisa segera digunakan kembali lantaran telah terputus berminggu-minggu.

"Kita harapkan proses dari pengeringan kawasan tergenang ini bisa segera tuntas dilakukan sehingga jalan dari Demak-Kudus yang sebelumnya putus total hampir 2 minggu kemarin itu sudah mulai bisa dilewati meskipun sifatnya dan hari ini akan dicoba kontraflow," tandasnya.
 sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: