31 Rumah Rusak Imbas Kebakaran Gudang Amunisi TNI di Bogor

Oleh: Tim Redaksi
Minggu, 31 Maret 2024 | 21:07 WIB
Ilustrasi kejahatan. (Foto/Freepik).
Ilustrasi kejahatan. (Foto/Freepik).

Indonesiaglobe.id - Pemerintah Kabupaten Bogor, Jawa Barat, mencatat sebanyak 31 rumah mengalami kerusakan terdampak imbas kebakaran Gudang Amunisi Daerah (Gudmurah) Kodam Jaya, Desa Ciangsana, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

"Data sementara ada 31 rumah yang terdampak berupa kaca pecah, plafon retak, atap retak/bolong," ungkap Penjabat (Pj) Bupati Bogor Asmawa Tosepu sebagaimana dilihat dari Antara, Minggu (31/3/2024).

Menurut dia, Pemerintah Kabupaten Bogor memiliki waktu 14 hari dalam melakukan asesmen mulai dari menghitung jumlah rumah yang rusak, upaya koordinasi hingga menentukan langkah-langkah penanganan.

Asmawa mengungkapkan bahwa Pemerintah Kabupaten Bogor berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Pemerintah Pusat untuk melakukan penanganan terhadap rumah yang rusak.

"Tentu akan didata terlebih dahulu lalu dikoordinasikan dengan Pemerintah Pusat dan Pemprov Jabar untuk tindak lanjut penanganan," jelasnya Asmawa.

Sebelumnya, Panglima TNI Jenderal TNi Agus Subiyanto menjelaskan aparat sedang melakukan penyisiran pemukiman warga yang radius 2 kilometer dari lokasi gudang munisi. Harapannya, jika ada rumah warga yang rusak akibat dari kebakaran itu akan segera dilakukan perbaikan.

Begitu juga jika ada masyarakat yang menemukan serpihan atau selongsong dari munisi, Agus mengimbau untuk segera melaporkan kepada aparat.

“Kemudian satuan teritorial sudah mendata dan cek pemukiman yang ada di sekitar ledakan. Dan diharapkan ada masyarakat menemukan serpihan atau selingsing dilaporkan ke aparat,” tandasnya.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: