Dishub Siagakan 7 Terminal Layani Pemudik Lebaran 2024

Oleh: Lydia Fransisca
Selasa, 02 April 2024 | 14:00 WIB
Terminal layani mudik lebaran (Indonesiaglobe/Mufit)
Terminal layani mudik lebaran (Indonesiaglobe/Mufit)

Indonesiaglobe.id - Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta menyiagakan tujuh terminal untuk melayani pemudik Lebaran 2024.

Kepala Dishub DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan, tujuh terminal itu terdiri dari empat terminal utama dan tiga bantuan.

Nantinya, lanjut Syafrin, terminal tersebut akan melayani keberangkatan 2.258 unit bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP).

"Saat ini kami sedang menyiapkan 2.258 unit bus AKAP yang nantinya melayani empat terminal dan tiga terminal bantuan di Jakarta," kata Syafrin kepada wartawan, Selasa (2/3/2024).

Adapun empat terminal utama itu berada di Kampung Rambutan, Pulo Gebang, Kalideres, dan Tanjung Priok. Kemudian, tiga terminal cadangan berada di Lebak Bulus, Muara Angke, dan Grogol.

Diberitakan sebelumnya, Dishub juga memprediksi bahwa puncak arus mudik di Ibukota bakal terjadi pada 8 April 2024.

"Sesuai dengan data, memang puncaknya pada tanggal 8 April," kata Syafrin ketika dihubungi, Selasa (26/3/2024).

Syafrin menjelaskan, prediksi itu ia dapatkan setelah melihat tren waktu para pemudik. Menurutnya, warga akan mudik tiga hari sebelum Idulfitri. 

"Liburan tahun ini cukup panjang, mulai tanggal 6 sampai dengan tanggal 14 ya. Artinya bahwa untuk puncak mudik tahun ini itu kita proyeksikan pada tanggal 8 pada hari Seninnya karena perkiraan lebaran kan tanggal 10," ujar Syafrin.

"Biasanya masyarakat akan berduyun-duyun untuk mudik itu H-3. Nah itu jatuhnya pada tanggal 8 April," tambahnya.

Untuk mengantisipasi kepadatan pemudik, Dishub akan menyiagakan petugas mulai dari 6 April.

"Pada tanggal 6 , Jumat malam itu, tanggal 7, kita akan antisipasi baik itu di ruas jalan dengan menyiapkan petugas dalam melakukan pengaturan lalu lintas maupun di terminal-terminal untuk angkutan yang keluar Jakarta," jelas Syafrin.sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: