Pimpinan OJK Cerita Kena Scam Phishing Tautan APK

Oleh: Panji Septo R
Selasa, 02 April 2024 | 10:58 WIB
Scam kejahatan keuangan (Foto/Pixabay)
Scam kejahatan keuangan (Foto/Pixabay)

Indonesiaglobe.id - Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Usaha Jasa Keuangan, Edukasi, dan Perlindungan Konsumen OJK Friderica Widyasari Dewi mengaku pernah hampir terkena scam phising.

Ia mengaku sempat kelelahan saat sedang berkunjung ke Eropa. Hal itu membuat daya fokusnya hilang sehingga ia tak fokus saat mengeklik sebuah tautan APK yang bisa membuat datanya terambil.

“Saya juga pernah ngeklik file APK ini karena saya baru kebangun dari tidur. Namanya bangun tidur itu kan memori belum full, ya,” ujar Friderica dalam Talkshow di Astra Financial, Selasa (2/4/2024).

Friderica mengaku mengeklik tautan yang berupa undangan. Ia lantas mengingatkan semua orang untuk berhati-hati dengan modus yang dinamakan phissing tersebut.

“Ya saya klik aja itu ada orang kirim undangan dalam bentuk AKP. Akan tetapi untungnya tidak terjadi apa-apa alhamdulillah,” tuturnya.

Selain itu, ia juga mengingatkan soal kejahatan keuangan pada Ramadan. Menurutnya, banyak pelaku kriminal bergerak mencari uang menjelang Idul Fitri 1445 Hijriah.

“Karena selain kita yang butuh THR, mungkin para pelaku kriminal juga butuh uang lebih juga sehingga beraksi saat Ramadhan,” kata dia.

Friderica mengingatkan berpuasa bisa membuat daya pikir dan konsentrasi menurun. Oleh sebab itu, ia mengingatkan agar berhati-hati saat membaca chat yang masuk terkait keuangan.

“Pas puasa itu kan kadang-kadang enggak konsentrasi dan pikiran kita lemot, itu memang wajar. Saat itu bisa saja mendapat whatsapp dari bank soal cicilan,” tuturnya.sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: