Airlangga Siap Jelaskan Mekanisme Pemberian Bansos di Sidang Sengketa Pilpres 2024

Oleh: Panji Septo R
Rabu, 03 April 2024 | 12:30 WIB
Momen Airlangga Hartarto saat melepas peserta mudik gratis yang diselengarakan Golkar. (Foto/Panji Septo)
Momen Airlangga Hartarto saat melepas peserta mudik gratis yang diselengarakan Golkar. (Foto/Panji Septo)

Indonesiaglobe.id - Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, akan menjelaskan mekanisme pemberian bantuan sosial (Bansos) yang dipersoalkan Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud dalam Pilpres 2024.

"Tentu akan kami jelaskan mengenai mekanisme APBN, kemudian bicara mengenai Bansos, pelindungan sosial (Perlinsos) dan berbagai hal yang sifatnya pemerintahan saja," ujar Airlangga di DPP Partai Golkar, Rabu (3/4/2024).

Menurut Airlangga, pemerintah akan menjelaskan soal bansos tersebut jika diharapkan. Meski demikian, dia akan menelaah lebih lanjut soal undangan MK tersebut.

"Tentu kami lihat undangannya dan apa yang diharapkan dari pemerintah," tuturnya.

Saat ditanya apakah dia telah berkoordinasi dengan empat menteri yang turut dipanggil MK, Airlangga mengaku sudah berkomunikasi

"Tentu kalau di pemerinrah kami sudah komunikasi," kata dia.

MK pun telah mengirimkan surat guna meminta empat menteri kabinet bersaksi dalam sidang PHPU untuk mendengarkan keterangan terkait perkara hasil Pilpres 2024.

Para hakim konstitusi mempertimbangkan,  membutuhkan keterangan para menteri berkaitan dengan permohonan perkara.

Empat menteri itu adalah Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menko PMK Muhadjir Effendy, Menteri Keuangan Sri Mulyani, dan Menteri Sosial Tri Rismaharini.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: