Perdana Menteri Jepang Kishida Fumio Siap Perkuat Hubungan dengan Prabowo

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Kamis, 04 April 2024 | 12:26 WIB
PM Kishida Fumio dikunjungi Prabowo (Foto/X PM's office of Japan)
PM Kishida Fumio dikunjungi Prabowo (Foto/X PM's office of Japan)

Beritanasional.com - Perdana Menteri Jepang Kishida Fumio menerima kunjungan presiden terpilih Prabowo Subianto di Jepang pada Rabu (3/4/2024). Dalam kesempatan itu Kishida menyampaikan ucapan selamat atas kemenangan Prabowo dalam pemilihan presiden 2024.

Kishida juga memberikan dukungan yang kuat kepada Prabowo. Selain itu kunjungan Prabowo ke Jepang sebagai presiden terpilih pada tahap awal juga dapat diartikan sebagai sikap dia terhadap pentingnya hubungan Indonesia dengan Jepang. 

"Jepang dan Indonesia merupakan sahabat lama dan Jepang ingin terus mendorong kerja sama dengan Indonesia dalam konteks bilateral maupun dalam konteks regional dan internasional sebagai mitra strategis komprehensif yang berbagi prinsip dan nilai yang fundamental," ujar Kishida dalam keterangan persnya.

Prabowo pun menanggapinya dengan mengatakan, pertemuan langsung dengan Perdana Menteri Kishida merupakan suatu kehormatan. Ia mengatakan, Indonesia dan Jepang adalah sahabat lama sejak dulu dan juga mitra penting.  Ia juga terus mau memperkuat hubungan baik dengan Jepang yang telah terjalin baik
selama ini dalam berbagai bidang.

Kishida juga menilai, kunjungan Kaisar dan Permaisuri Jepang ke Indonesia tahun lalu sebagai kunjungan persahabatan pertama ke luar negeri sejak penobatannya. Hal ini menunjukkan hubungan dari hati ke hati yang saling percaya antara kedua negara. 

Pihaknya, terang Kishida, juga ingin berkontribusi pada perkembangan Indonesia dalam kerja sama di berbagai bidang termasuk pembangunan infrastruktur dan energi. Pihaknya juga mau membantu upaya Indonesia dalam melanjutkan proses aksesi Indonesia ke OECD. 

"Jepang sangat mementingkan kerja sama dengan Indonesia dalam menjaga dan memperkuat tatanan internasional yang bebas dan terbuka berdasarkan supremasi hukum. Jepang juga mendorong kerja sama di bidang keamanan selain pemberian kapal patroli besar ke Indonesia yang telah diputuskan pada bulan Desember 2023," tambahnya.

Prabowo pun menyampaikan rasa terima kasih atas berbagai bantuan Jepang selama ini. Pihaknya juga ingin memperkuat kerja sama bilateral di berbagai bidang yang cukup luas termasuk keamanan, industri pertanian, dan perikanan serta penanggulangan bencana.sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: