Banjir Bandang Lahar Dingin Gunung Marapi Terjang Kabupaten Agam, 72 Rumah Rusak

Oleh: Panji Septo R
Selasa, 09 April 2024 | 14:00 WIB
Banjir lahar dingin (Foto: BBC Indonesia)
Banjir lahar dingin (Foto: BBC Indonesia)

BeritaNasional.com - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengatakan banjir bandang telah menerjang wilayah Kabupaten Agam, Sumatera Barat, minggu (7/4) malam.

Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari mengatakan arus air yang sangat deras membawa beberapa material vulkanik Gunung Marapi.

 “Sebanyak 72 unit rumah warga mengalami kerusakan. Rumah rusak berat sebanyak 3 unit dan sisanya rusak ringan,” ujar Muhari dalam keterangan tertulis, Selasa (9/4/2024).

Muhari menjelaskan banjir bandang yang disertai material lahar dingin ini mengakibat kerusakan pada tempat usaha.

“Bencana tersebut juga mengakibatkan kerusakan pada sektor infrastruktur publik, seperti saluran irigasi di 6 lokasi, drainase di Simpang Bukit Batabuah, dan sejumlah jembatan rusak berat,” katanya.

BNPB juga mengaku menerima laporan terkait adanya jalan rusak berat sepanjang 1 kilometer (km) di Jalan Lingkar Kampung Patalangan menuju Tabek Barawak.

“Kemudian, jalan rusak 1 km pada ruas jalan Simpang Bukit menuju Lasi. Endapan material vulkanik juga terpantau menghambat aliran arus air sungai sepanjang 7 kilometer,” tuturnya.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: