Usai Diserang Israel, Menlu Iran Resmikan Konsulat Baru di Suriah

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Rabu, 10 April 2024 | 07:00 WIB
Iran resmikan konsulat baru (Foto/Pixabay)
Iran resmikan konsulat baru (Foto/Pixabay)

BeritaNasional.com - Menteri Luar Negeri Iran akhirnya meresmikan gedung konsulat baru negaranya di Damaskus, Suriah, pada hari Senin (8/4/2024). Ini seminggu setelah sebuah serangan mematikan dilancarkan Israel menghancurkan gedung sebelumnya.

Teheran, sekutu penting Damaskus, telah berjanji akan membalas serangan udara ke bagian konsuler kedutaan besar Iran Senin (1/4) pekan lalu, yang menewaskan tujuh anggota Korps Garda Revolusi Islam (IRGC), termasuk dua orang jenderal.

Serangan itu dilakukan di tengah perang Israel-Hamas, yang kembali pecah ketika kelompok militan Palestina yang didukung Iran itu menyerang Israel selatan pada 7 Oktober.

Damaskus dan Teheran menyalahkan Israel atas serangan pekan lalu. Akan tetapi, Israel masih bungkam.

Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amir-Abdollahian meresmikan bagian konsuler baru kedutaan besarnya di Damaskus, di hadapan Menteri Luar Negeri Suriah Faisal Mekdad, yang sebelumnya ia temui, kata kantor berita pemerintah SANA.

Konsuler baru yang diresmikan terletak tidak jauh dari gedung yang hancur akibat serangan di kawasan kelas atas Mazzeh, yang menjadi lokasi banyak kedutaan besar lain dan kantor-kantor PBB.

Dikutip dari VOA, Amir-Abdollahian juga dijadwalkan bertemu dengan Presiden Suriah Bashar al-Assad. Surat kabar pro-pemerintah Suriah Al-Watan melaporkan, pertemuannya di Damaskus sebagian besar akan fokus membahas tindakan balasan atas serangan pekan lalu.

Salah seorang penasihat pemimpin tertinggi Iran pada Minggu memperingatkan bahwa kantor-kantor kedutaan besar Israel “tidak lagi aman” sejak serangan ke Damaskus.sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: