Lebaran 2024

Idul Fitri, Menag Yaqut: Ini Jadi Titik Balik dari Semua Perbedaan Kita

Oleh: Lydia Fransisca
Rabu, 10 April 2024 | 10:33 WIB
Menag Yaqut usai Salat Id (Beritanasional/Lydia)
Menag Yaqut usai Salat Id (Beritanasional/Lydia)

BeritaNasional.com - Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 H kepada seluruh umat muslim di Indonesia.

Ia pun meminta maaf atas kesalahan yang dibuatnya baik secara sengaja maupun tidak sengaja.

"Selamat Idul Fitri untuk semuanya dan seluruh masyarakat muslim se-Indonesia. Buat masyarakat Indonesia, mohon maaf atas kesalahan-kesalahan yang kami perbuat baik kami sengaja maupun tidak," kata Yaqut usai salat Id di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Rabu (10/4/2024).

Kemudian, Yaqut pun mengaku bersyukur bisa menjalankan Salat Id bersama dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana.

"Alhamdulillah pada pagi ini kita bisa salat Idul Fitri bersama Presiden Jokowi dan Wapres KH Ma'ruf Amin berserta Ibu (Iriana) tentu saja," ujar Yaqut.

"Dan Alhamdulillah menurut cerita dari Pak Imam Besar, Nasaruddin Umar, ini jamaah salat Id terbesar sepanjang beliau menjadi imam besar," tambahnya.

Lebih lanjut, Yaqut berharap di hari yang suci ini bisa memperkuat persatuan bangsa Indonesia usai Pemilu 2024.

"Mudah-mudahan ini menjadi titik balik dari semua dari perbedaan kita, setelah kita sebulan ujian di bulan Ramadhan. Kita semua lulus diwisudakan menjadi wisudawan/wisudawati terbaik," ucap Yaqut.

Terakhir, ia menitipkan salamnya bagi seluruh warga Indonesia. Ia pun berharap silahturahmi antara warga dan pemerintah. 

"Yang jelas saya titip salam kepada seluruh warga di daerah atas nama pemerintah. Mudah-mudahan silahturahmi ini memperpanjang usia kita, memperluas rejeki kita, dan membahkan kebaikan kita," tandasnya.

 sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: