Arus Mudik Lebaran 2024

Pesan Polri ke Pemudik yang Membawa Kendaraan: Kalau Lelah, Silahkan Berhenti!

Oleh: Mufit
Jumat, 12 April 2024 | 04:48 WIB
Kakorlantas Polri, Irjen Pol Aan Suhanan. (Foto/Korlantas Polri).
Kakorlantas Polri, Irjen Pol Aan Suhanan. (Foto/Korlantas Polri).

BeritaNasional.com - Korlantas Polri, mengimbau kepada para pemudik yang menggunakan mobil saat pulang ke kampung halaman atau melakukan arus balik agar tidak memaksakan diri untuk berkendara dalam keadaan lelah.

Kakorlantas Polri, Irjen Pol Aan Suhanan mengatakan, hal tersebut untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan tunggal seperti yang dialami Bus Rosalia Indah di Tol KM 370 Semarang-Batang diduga disebabkan oleh sopir yang mengantuk.

"Kalau lelah, silakan berhenti. Tidak perlu dipaksakan karena bisa berakibat fatal, seperti kecelakaan," kata Aan kepada wartawan usai mengecek mengecek kondisi korban luka dalam kecelakaan bus Rosalia Indah di RS Islam Kendal, Kamis (16/4/2024).

Lebih lanjut, Aan menyarankan kepada para pengemudi yang menggunakan jalan tol untuk beristirahat di tempat istirahat yang telah disediakan. Menurut dia, hal tersebut untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan.

"Jika tempat istirahat di tol penuh, bisa keluar sebentar ke jalan arteri untuk beristirahat," ujarnya.

Aan juga mengingatkan kepada para pengusaha bus untuk menyiapkan sopir cadangan ketika melakukan perjalanan jarak jauh. Menurutnya, baik pengemudi mobil maupun bus sebaiknya beristirahat setiap empat jam selama melakukan perjalanan. 

Aan menjelaskan istirahat sekitar 30 menit sudah cukup untuk menyegarkan pengemudi sebelum melanjutkan perjalanan.

"Setelah segar, perjalanan dapat dilanjutkan kembali. Ini penting untuk menjaga kondisi fisik para pemudik," tegasnya.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: