TikTok Kembangkan Influencer Virtual, Kreator Konten Terancam?

Oleh: Tarmizi Hamdi
Sabtu, 13 April 2024 | 16:08 WIB
TikTok tengah mengembangkan Influencer virtual berbasis kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI). (Foto: Dok TikTok)
TikTok tengah mengembangkan Influencer virtual berbasis kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI). (Foto: Dok TikTok)

BeritaNasional.com - Influencer virtual berbasis kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) yang tengah dikembangkan perusahaan teknologi TikTok ternyata menuai kekhawatiran dari para kreator konten.

Diketahui, influencer virtual itu memiliki tugas yang sama dengan kreator konten untuk membantu mempromosikan produk pada layanan e-commerce TikTok.

Jadi, teknologi tersebut menciptakan persona selebriti digital untuk pedagang di e-commerce TikTok. Mereka bakal mempromosikan produk seperti iklan berdasarkan skrip dan menyimpan rekomendasi.

Dilansir dari Antara, TikTok berdalih pemengaruh virtual ini belum siap menggantikan posisi kreator konten manusia karena belum mampu mengisi waktu-waktu prime time yang biasanya digandrungi penonton.

TikTok mengeklaim hadirnya AI hanya sebagai pelengkap, bukan menggantikan kreator konten.

Pengiklan yang akrab dengan TikTok mengatakan bahwa pemengaruh virtual itu masih dalam pengembangan awal dengan tanggal peluncuran yang belum pasti.

Bytedance, perusahaan induk Tiktok, dapat lebih menyempurnakan atau bahkan membatalkan fitur sepenuhnya.

Apabila fitur pemengaruh virtual itu diluncurkan di masa depan, TikTok tampaknya perlu lebih hati-hati dalam menavigasi sentimen pengguna.

Mengingat, cukup banyak kontroversi yang dialami TikTok di beragam kawasan. Yang terbaru ialah di AS yang ingin melarang hadirnya TikTok. Demikian dilaporkan Gizmochina, Jumat (12/4).sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: