Arus Balik Lebaran 2024

Menhub Minta Polisi Razia Travel Gelap saat Arus Balik Lebaran 2024

Oleh: Harits Tryan Akhmad
Sabtu, 13 April 2024 | 14:33 WIB
Kecelakaan lalu lintas di Tol Jakarta-Cikampek KM 58. (Foto/Kakorlantas).
Kecelakaan lalu lintas di Tol Jakarta-Cikampek KM 58. (Foto/Kakorlantas).

BeritaNasional.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meminta pihak Kepolisian untuk dapat melakukan penegakan hukum yakni melakukan razia terhadap penyedia jasa perjalanan untuk mencegah adanya travel gelap.

Hal itu dikatakan Budi untuk mencegah adanya kecelakaan lalu lintas maut seperti di Jalan Tol Jakarta-Cikampek KM 58 saat arus mudik lebaran lalu.

“Satu lagi untuk arus balik saya minta Kepolisian melakukan penegakan hukum seperti merazia travel gelap,” tutur Budi sebagaimana dilihat dari laman Kemenhub, Sabtu (13/4/2024).

Dalam kesempatan itu, Budi turut menjelaskan bilamana arus balik lebaran mempunyai penanganan yang berbeda dengan arus mudik lebaran. Sebab, jika arus balik hanya menuju satu titik yakni Jakarta saja.

“Kalau arus balik itu berbeda dengan mudik yaitu sentripetal atau menuju ke satu titik yakni Jakarta, bukan menyebar seperti mudik,” ungkap Budi.

Lebih jauh, Budi mengklaim pemerintah sudah menyiapkan skenario yang dilakukan guna mengantisipasi arus balik lebaran 2024 ini.

“Pemerintah telah menyiapkan skenario untuk mengantisipasinya,” tandas Budi.
 sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: