Menlu Minta AS Redakan Konflik Iran-Israel

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Rabu, 17 April 2024 | 08:00 WIB
Ilustrasi Israel digempur Iran (Foto/IDF)
Ilustrasi Israel digempur Iran (Foto/IDF)

BeritaNasional.com - Menteri Luar Negeri Retno Marsudi meminta Amerika Serikat (AS) membantu meredakan konflik Iran dan Israel yang pecah setelah Iran membalas serangan ke Israel. Iran mengamuk usai konsulatnya di Damaskus, Suriah diserang Israel.

Dalam upaya deeskalasi konflik di kawasan Timur Tengah itu, Retno mengatakan, dia sudah menelepon sejumlah mitranya, termasuk Wakil Menlu AS Kurt M Campbell pada Selasa (16/4/2024).

“Kita tahu Amerika Serikat punya peran yang sangat besar untuk dapat menggunakan pengaruhnya agar deeskalasi terjadi,” katanya.

Oleh karena itu, ujar Retno, pihaknya mendesak Campbell untuk menggunakan pengaruh besar AS dalam meredakan konflik di Timur Tengah agar tidak semakin meluas dampaknya.

AS yang merupakan sekutu Israel, kembali menegaskan komitmen negaranya terhadap keamanan Israel dan menggarisbawahi perlunya meredam konflik agar tidak meluas.

Sebelumnya pada Senin (15/4), Menlu Retno telah menelepon Menlu Iran Hossein Amir-Abdollahian, yang disebutnya memiliki hubungan baik dengan Indonesia.

Dikutip dari Antara, dalam pembicaraan yang berlangsung sekitar 50 menit, ia menegaskan bahwa eskalasi tidak akan membawa manfaat bagi siapa pun.

Dia pun telah berdiskusi dengan sejumlah pihak yang dianggap memiliki pengaruh, baik terhadap keputusan Iran maupun Israel, seperti Arab Saudi, Yordania, Mesir, Uni Emirat Arab, Turki, Belanda, dan Jerman.

“Jadi upaya diplomatik terus kita jalankan agar deeskalasi terjadi,” tutur Retno.

Namun, dalam upaya Indonesia menengahi kedua pihak yang berkonflik, Retno menegaskan bahwa RI tidak berencana menormalisasi hubungan dengan Israel.
 sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: