Koalisi Prabowo-Gibran

PPP Mau Gabung Prabowo-Gibran, PAN: Akui Kemenangan Pasangan 02

Oleh: Ahda Bayhaqi
Rabu, 17 April 2024 | 12:34 WIB
Prabowo Subianto. (Foto/Instagram: Prabowo)
Prabowo Subianto. (Foto/Instagram: Prabowo)

BeritaNasional.com - Partai Amanat Nasional (PAN) meminta PPP secara deklaratif mengakui kemenangan Prabowo-Gibran pada Pemilu 2024. 

Hal ini menjadi syarat apabila PPP ingin bergabung dengan koalisi Prabowo-Gibran.

"PPP sebaiknya jangan hanya bicara mau bergabung saja. Tetapi, secara deklaratif sebaiknya sudah mengucapkan selamat. Mengakui kemenangan pasangan 02. Kalau mau gabung, tentu harus ada pengakuan seperti itu," ujar Saleh kepada wartawan, Rabu (17/4/2024).

Saleh mengatakan, banyak pihak yang minat untuk bergabung dengan Prabowo-Gibran. Namun, sebuah pengakuan kemenangan Prabowo-Gibran di Pilpres 2024 itu penting sebagai cara menjaga keteduhan di masyarakat.

"Yang berwacana mau bergabung itu banyak. Itu bagus aja. Tetapi, pengakuan juga penting. Paling tidak untuk menjaga kohesivitas dan keteduhan di tengah masyarakat," katanya.

Saleh pun menyinggung PPP yang pernah bersamanya ketika dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). Ketua Fraksi PAN DPR ini mengatakan, kalau kubu Ganjar-Mahfud menang, PPP diyakini tidak akan ingat dengan KIB.

"Walau dulu ada di KIB, faktanya kan PPP mendukung 03. Kalau 03 menang, mungkin KIB tidak disebut lagi. Tetapi, itu kan cara masuk kembali. Ya silahkan saja," ujarnya.

Soal jatah kursi kabinet, Saleh yakin Prabowo bakal menjaga keseimbangan politik. Ia yakin Prabowo akan memiliki pertimbangan yang adil.

"PAN selalu percaya dengan Prabowo dan Gibran. Percaya akan mampu menjaga keseimbangan politik. Termasuk keseimbangan dalam distribusi kekuasaan. Semua pasti ada penilaian dan semua ada tempatnya," jelasnya.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: