Kantor HAM PBB Minta Israel Hentikan Serangan di Tepi Barat

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Rabu, 17 April 2024 | 22:00 WIB
Kondisi Gaza dihancurkan Israel (Foto/Inst Gaza Now)
Kondisi Gaza dihancurkan Israel (Foto/Inst Gaza Now)

BeritaNasional.com - Kantor Hak Asasi Manusia PBB pada Selasa (16/4/2024) menyatakan keprihatinan akibat meningkatnya aksi kekerasan di Tepi Barat dan menyerukan kepada pasukan keamanan Israel agar menghentikan dukungan mereka terhadap aksi serangan oleh pemukim Israel terhadap warga Palestina di wilayah yang diduduki tersebut sesegera mungkin.

Dikutip dari Antara, selama konflik Gaza yang sedang berlangsung, Kantor HAM PBB mengecam bahwa warga Palestina di Tepi Barat telah menjadi sasaran kejahatan dan kekerasan ratusan pemukim Israel, yang kerap didukung oleh tentara Israel.

"Pasukan keamanan Israel harus segera mengakhiri partisipasi aktif mereka dalam dan mendukung serangan pemukim terhadap warga Palestina," ujar Juru Bicara Kantor HAM PBB Ravina Shamdasani di Jenewa.
 
Aksi kekerasan baru-baru ini tersebut dipicu oleh pembunuhan seorang anak laki-laki Israel berusia 14 tahun pada akhir pekan lalu, yang dianggap oleh pihak berwenang sebagai serangan anti-Israel. 

Shamdasani mengatakan, pasca-pembunuhan tersebut, 4 warga Palestina, termasuk seorang anak dibunuh Israel. Lalu properti milik warga Palestina tersebut dihancurkan dalam sejumlah serangan balas dendam.

"Otoritas Israel harus mencegah serangan lebih lanjut, termasuk mengadili mereka yang bertanggung jawab," kata Shamdasani.

Ia menekankan, mereka yang secara beralasan diduga melakukan aksi kejahatan, termasuk pembunuhan atau penghilangan nyawa di luar hukum lainnya, harus diadili lewat proses yudisial yang sesuai dengan standar hak asasi manusia internasional, menyusul penyelidikan yang cepat, tidak memihak, independen, efektif, dan transparan.sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: