Imbas Serang Israel, Amerika Siapkan Sanksi Baru untuk Iran

Oleh: Dyah Ratna Meta Novia
Kamis, 18 April 2024 | 06:00 WIB
Ilustrasi Iran serang Israel (Foto/Tehran Times)
Ilustrasi Iran serang Israel (Foto/Tehran Times)

BeritaNasional.com - Ternyata Amerika Serikat (AS) sedang mempersiapkan sanksi baru untuk Iran. Hal itu dikonfirmasi oleh Penasihat Keamanan Nasional AS, Jake Sullivan, melalui sebuah pernyataan pada Selasa (16/4/2024) malam waktu setempat.

Sullivan dalam pernyataan itu mengatakan, Presiden AS Joe Biden telah berkoordinasi dengan sekutu dan mitra, termasuk G7, dan para pemimpin bipartisan di Kongres, mengenai tanggapan komprehensif atas apa yang disebutnya sebagai serangan udara Iran terhadap Israel yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Dikutip dari DW, pernyataan itu mengungkap bahwa sanksi baru tidak hanya akan dikenakan pada program rudal dan drone Iran, tapi juga untuk entitas yang mendukung Korps Garda Revolusi Islam (IRGC) dan Kementerian Pertahanan Iran.

Dalam pernyataannya Sullivan menambahkan, "Kami terus bekerja melalui Departemen Pertahanan dan Komando Pusat AS untuk lebih memperkuat dan memperluas keberhasilan integrasi pertahanan udara dan rudal serta peringatan dini di seluruh Timur Tengah untuk semakin melemahkan efektivitas kekuatan rudal dan UAV [pesawat nirawak] milik Iran.”

Sullivan juga mengatakan,  AS berharap sekutu dan mitranya untuk mengikuti jejak Washington menjatuhkan sanksi mereka sendiri terhadap Iran.

Sementara itu, Kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa (UE), Joseph Borrel mengatakan, Brussels juga akan berupaya mencari cara-cara potensial untuk memperluas sanksi terhadap Iran,  sesuai usulan dari beberapa negara anggota.

Menurut Borrell, usulan tersebut memuat perluasan sanksi yang bertujuan untuk membatasi pasokan drone Iran ke Rusia, serta hal yang  terkait penyediaan rudal dan pengiriman ke proksi Iran di Timur Tengah. Jerman, Prancis dan beberapa anggota UE lainnya secara terbuka mendukung usulan tersebut.
 

 

 sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: