Hasil Piala Asia U-23: Timnas Indonesia Menang dari Australia!

Oleh: Tim Redaksi
Kamis, 18 April 2024 | 22:11 WIB
Timnas Indonesia U-23. (Foto/PSSI).
Timnas Indonesia U-23. (Foto/PSSI).

BeritaNasional.com -  Timnas Indonesia U-23 berhasil meraih kemenangan atas Australia dengan skor 1-0 dalam Piala Asia U-23 2024. Hasil ini membuat skuad Garuda muda meraih kemenangan perdana di ajang tersebut.

Diketahui, Timnas Indonesia butuh kemenangan untuk membuka peluang lolos ke fase knockout. Alhasil, sejak peluit awal dibunyikan Rizky Ridho Cs langsung menekan lini pertahanan dari Australia.

Laga baru berjalan dua menit, Jeam Kelly Sroyer menciptakan peluang bagi Indonesia setelah tembakan kerasnya membentur pemain Australia usai menerima umpan dari Witan Sulaiman.

Beberapa menit berselang, giliran Rafael Struick tembakannya masih melebar di sisi kanan gawang Australia. Ada beberapa peluang yang diciptakan Indonesia, namun masih bisa digagalkan lini belakang timnas Australia.

Tak mau dipermalukan, Timnas Australia mulai memberikan tekanan ke lini pertahanan Timnas Indonesia. Tekanan ini pun manjur, sebab Australia mendapatkan hadiah penalti di menit ke-23 usai Komang Teguh dianggap melakukan handball di kotak penalti.

Wasit Majed Mohammed Al Shamrani yang memimpin laga kemudian melakukan konsultasi dengan wasit VAR. Setelah itu Al Shamrani menuju pinggir lapangan untuk melihat tayangan ulang lewat monitor VAR. 

Usai melakukan pemantauan, Al Shamrani lalu memutuskan menunjuk titik putih bagi Australia. Toure lalu maju sebagai eksekutor penalti bagi Timnas Australia dan mengarahkan ke kanan gawang Indonesia yang dijaga oleh Ernando.

Namun Ernando bermain gemilang karena bisa menebak tembakan penalti dengan baik. Ia melompat ke arah bola datang dan bisa menepis bola. Skor pun masih 0-0 tak berubah untuk Australia.

Malapetaka lahir bagi Australia di akhir babak pertama karena Indonesia bisa mencetak gol lewat sundulan Komang Teguh.  Gol tersebut berawal dari skema sepak pojok yang dieksekusi Witan Sulaeman. Dalam perebutan bola di kotak penalti, Muhammad Ferarri bisa mengirim bola ke arah Nathan Tjoe A On.

Nathan lalu melepaskan tembakan keras ke arah gawang. Di muka gawang berdiri Komang Teguh. Komang Teguh lalu memutuskan menyundul bola sehingga bola berubah arah dan mengecoh kiper Australia, Patrick Beach. Skor pun berubah menjadi 1-0 menutup babak pertama.

Di babak kedua, Timnas Australia langsung menambah intensitas serangan ke lini pertahanan Indonesia. Beberapa kali peluang pengambilan tendangan mengarah ke gawang Indonesia, hanya Ernando kembali bisa mematahkan peluang tersebut.

Tercatat, Australia melakukan percobaan tendangan ke gawang Ernando sebanyak 16 kali. Namun tak ada yang bisa dikonversi menjadi sebuah gol.

Shin Tae-yong melakukan beberapa perubahan. Seperti memasukan Justin Hubner dan Rio Fahmi untuk menggantikan Kelly Sroyer serta Fajar Fathur Rahman. Hal ini sebagai bentuk antisipasi serangan-serangan yang terus dilancarkan oleh Australia.

Taktik tersebut pun berhasil dijalankan. Lini pertahanan Indonesia semakin solid menahan gempuran dari Australia agar tidak bisa mencetak gol. 

Sampai menit ke-90 Indonesia terus mendapatkan gempuran dari timnas Indonesia. Namun Ernando lagi-lagi tampil gemilang di bawah mistar gawang untuk mematahkan peluang-peluang yang diraih Australia agar tidak menjadi sebuah gol.

Hingga peluit akhir dibunyikan wasit, skor 1-0 pun tidak berubah untuk keunggulan Indonesia atas Australia. Kemenangan ini sangat penting diraih karena Indonesia saat ini mengoleksi satu poin di Piala Asia U-23.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: