Status Gunung Anak Krakatau Turun ke Level Waspada

Oleh: Tim Redaksi
Sabtu, 20 April 2024 | 14:01 WIB
Gunung Anak Krakatau. (Foto/BNPB).
Gunung Anak Krakatau. (Foto/BNPB).

BeritaNasional.com - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menurunkan status Gunung Anak Krakatau dari Level III (Siaga) ke Level II (Waspada), pada Sabtu (20/4/2024).

Hal itu disampaikan PVMBG melalui akun media sosial X. Meski status Gunung Anak Krakatau diturunkan, PVMBG tetap mengingatkan agar semua pihak tetap waspada.

“Tingkat aktivitas G. Anak Krakatau diturunkan dari Level III (Siaga) ke Level II (Waspada). Tingkat aktivitas boleh turun, kewaspadaan jangan sampai kendor!,” kata PVMBG, Sabtu (20/4/2024).

Menurut PVMBG, penurunan aktivitas ini berdasarkan data pengamatan visual dan instrumental, serta prakiraan potensi bahaya sejak periode 1-19 April 2024.

PVMBG juga memberikan rekomendasi kepada masyarakat dan pengunjung tidak diperbolehkan mendekati Gunung Anak Krakatau dalam radius 2 kilometer dari kawah aktif.

“Untuk menghindari potensi terdampak oleh lontaran batu pijar dan hujan abu lebat,” jelas PVMBG.

Lebih jauh, masyarakat yang berada di pantai provinsi Banten dan Lampung harap tenang, serta tidak mempercayai isu-isu erupsi Gunung Anak Krakatau oleh pihak-pihak tidak bertanggungjawab atau kebenarannya belum diketahui.

“Selalu ikuti rekomendasi dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi serta arahan dari instansi terkait di Provinsi Banten dan Lampung,” tandasnya.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: