4 Tips Sukses Rekrutmen Bersama BUMN 2024

Oleh: Imantoko Kurniadi
Minggu, 21 April 2024 | 20:00 WIB
Rekrutmen Bersama BUMN 2024. (Foto/Freepik)
Rekrutmen Bersama BUMN 2024. (Foto/Freepik)

BeritaNasional.com - Bekerja di perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), sangat diinginkan oleh banyak orang.

Diketahui, Rekrutmen Bersama BUMN 2024, telah dibuka dan untuk Anda yang sudah berhasil mendaftarkan diri dan kini pasti sedang menantikan hasil seleksi dengan penuh antusiasme.

Bagi peserta yang lolos seleksi administrasi, tahapan selanjutnya akan meliputi tes online 1, tes online 2, serta tes seleksi di BUMN. Setiap tahap seleksi akan diumumkan hasilnya melalui laman resmi rekrutmen BUMN.

Sebagai catatan, pengumuman hasil seleksi administrasi diperkirakan dilakukan sebelum tahapan tes online 1, yang dijadwalkan pada 27 April - 4 Mei 2024.

Lantas seperti apa tips sukses untuk melewati tahapan-tahapan seleksi tersebut? Dikutip dari Jobstreet by SEEK, simak ulasannya berikut ini.

Rekrutmen Bersama BUMN 2024

1. Pelajari posisi pekerjaan yang diinginkan

Selain mempelajari rangkaian tes tertulis yang akan dilakukan untuk rekrutmen bersama BUMN. Anda juga harus mempelajari tentang perusahaan BUMN yang kamu inginkan. 

Pahami profil, sejarah, serta perjalanan BUMN tersebut untuk mempersiapkan diri. Selain sebagai informasi pribadi, Anda juga bisa mengetahui lebih dalam mengenai bidang serta posisi yang diinginkan di perusahaan tersebut.

2. Pahami contoh soal dan materi tes tertulis BUMN 

Pada seleksi tahap awal, terdapat beberapa rangkaian tes yang harus Anda lalui dalam proses rekrutmen bersama BUMN. 

Oleh karena itu, pelajari secara matang berbagai contoh soal dan materi yang berhubungan dengan tahapan tes yang akan Anda jalani, seperti materi Tes Bahasa Inggris dan Tes Kemampuan Dasar (TKD) BUMN.

3. Persiapkan diri dengan matang 

Jika Anda sudah lolos melalui rangkaian tes tertulis, maka Anda akan mengikuti tahap wawancara. Persiapkan diri dengan matang dengan melakukan mock-up interview dengan percaya diri. 

Pastikan Anda juga menggunakan pakaian yang rapi dan formal saat sesi wawancara. Setelah lolos seleksi wawancara, maka Anda harus melakukan medical check-up (MCU) di rumah sakit, selalu jaga kesehatanmu dalam kondisi prima untuk hasil yang maksimal.

4. Berhubungan dengan komunitas dan ahli 

Disarankan juga untuk bergabunglah dengan komunitas pencari kerja, juga ikuti seminar ataupun pelatihan yang berkaitan dengan persiapan rekrutmen BUMN untuk mendapatkan tips tambahan dari para ahli. 

Nah, berikut tips sukses rekrutmen bersama BUMN 2024, semoga informasi ini bisa menginspirasi dan menjadi kunci sukses.sinpo

Editor: Imantoko Kurniadi
Komentar: