Presiden Jokowi Ucapkan Selamat Atas Kemenangan Timnas U-23

Oleh: Lydia Fransisca
Senin, 22 April 2024 | 09:11 WIB
Ilustrasi Jokowi dalam sebuah kesempatan (Foto/Setkab)
Ilustrasi Jokowi dalam sebuah kesempatan (Foto/Setkab)

BeritaNasional.com -  Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengucapkan selamat atas kemenangan Timnas U-23 melawan Yordania dalam Piala Asia U-23 2024.

"Selamat kepada Timnas Sepakbola U-23! Semoga bisa melaju lebih tinggi lagi hingga babak berikutnya," kata Jokowi dalam unggahan Instagramnya, Senin (22/4/2024).

Jokowi berterimakasih atas kerja keras yang telah ditunjukkan untuk mengharumkan nama Indonesia.

"Kerja keras hebat ditunjukkan oleh Tim Garuda Muda dalam gelaran Piala Asia AFC U-23. Tak tanggung-tanggung sebagai tim debutan, Indonesia berhasil menjejakkan rekor baru untuk bisa lolos di babak perempat final setelah mengalahkan Australia 1- 0 & Yordania 4 - 1," ujar Jokowi.

Diberitakan sebelumnya, Timnas Indonesia U-23 berhasil meraih kemenangan atas Yordania dalam lanjutan Grup A Piala Asia U-23 2024 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, Minggu (21/4/2024) malam. Skuad Garuda Muda menang dengan skor cukup telak yakni 4-1 atas Yordania.

Sejak awal pertandingan, Timnas Indonesia melakukan inisiatif serangan. Terbukti, Rafael Struick membuka peluang lewat sepakannya usai menerima umpan silang dari Witan Sulaeman. Namun sepakan Rafael masih bisa diamankan kiper Yordania.

Yordania yang harus meraih kemenangan untuk menjaga asa di Piala Asia U-23 pun keluar menyerang. Semisalnya peluang yang didapatkan oleh Aref Al Haj tapi masih bisa diamankan oleh Ernando Ari.

Jual beli serangan pun terjadi. Hingga akhirnya Timnas Indonesia U-23 mendapatkan hadiah penalti di menit ke-21 usai Rafael Struick dilanggar di kotak 16 besar.

Marselino yang maju sebagai eksekutor tak membuang peluang dengan melesatkan si kulit bundar ke kanan gawang Yordania Ahmad Juaidi. Skor pun berubah menjadi 1-0 keunggulan bagi Indonesia.

Memasuki menit ke-40, Timnas Indonesia U-23 memperbesar keunggulan menjadi 2-0. Rizki Ridho yang membangun serangan dari lini pertahanan kemudian memberikan umpan kepada Witan dan diakhiri tendangan melengkung ke kanan gawang Yordania. 

Skor pun berubah menjadi 2-0 keunggulan Timnas Indonesia U-23 atas Yordania sekaligus menutup babak pertama.

Di awal babak kedua, lagi-lagi Timnas Indonesia U-23 kembali melakukan inisiatif serangan. Anak asuh Shin Tae-yong ini langsung mendapatkan kesempatan melalui sepakan pojok. Nathan Tjoe-A-On memberikan umpan ke kotak penalti dan disambut oleh Rizky Ridho, hanya saja sundulannya masih berada di sisi kiri gawang Yordania.

Akan tetapi, setelahnya Timnas Indonesia U-23 malah ditekan secara bertubi-tubi dari Yordania. Beberapa kali para pemain Yordania merepotkan lini belakang yang dikomandoi oleh Rizky Ridho, Justin Hubner dan Muhammad Ferarri.

Selain lini pertahanan yang solid, lagi-lagi kiper Timnas Indonesia U-23, Ernando Ari bermain gemilang. Dengan sikap ia memotong peluang-peluang yang diciptakan oleh pemain Yordania.

Walau sering diserang, Timnas Indonesia U-23 malah berhasil memperlebar keunggulan dari Yordania di menit ke-70. Skema serangan balik yang dibuat oleh Arhan kemudian diberikan ke Marselino dan bermain satu sentuhan dengan Witan. 

Mendapatkan bola manis di dalam kotak penalti, Marselino tak melewatkan kesempatan tersebut dengan memoles sedikit bola sehingga masuk ke gawang Yordania. Skor pun berubah menjadi 3-0 keunggulan bagi Indonesia.

Pada menit ke-78, Yordania memperkecil skor menjadi 1-3 usai sepakan Waseem Wasef Alriyalat dari luar kotak penalti membentur kaki Justin Hubner, sehingga bola berbelok masuk ke gawang Ernando. Skor berubah menjadi 1-3 dan Indonesia masih unggul.

Indonesia pun merespon gol yang dicetak oleh Yordania. Kali ini, gol diciptakan oleh Komang Teguh di menit ke-86. Komang Teguh bisa menanduk bola lemparan jauh Pratama Arhan di kotak penalti, dan membuat kiper Yordania cuma tak bisa menahan dan bola pun masuk masuk ke gawang. Indonesia kini unggul 4-1.

Yordania terus melancarkan serangan ke lini pertahanan Indonesia. Namun kembali lini pertahanan Indonesia solid dan susah ditembus untuk bisa mencetak gol.

Skor 4-1 keunggulan bagi Timnas Indonesia U-23 berakhir hingga wasit meniup peluit akhir babak kedua. Dengan hasil ini, Skuad Garuda Muda dipastikan lolos ke babak perempat final  Piala Asia U-23 2024.sinpo

Editor: Dyah Ratna Meta Novia
Komentar: