Ganjar-Mahfud Absen saat KPU Tetapkan Prabowo-Gibran Sebagai Pemenang Pilpres

Oleh: Ahda Bayhaqi
Rabu, 24 April 2024 | 11:51 WIB
Prabowo Subianto (kiri) dan Gibran Rakabuming Raka (kanan). (BeritaNasional/Oke Atmaja)
Prabowo Subianto (kiri) dan Gibran Rakabuming Raka (kanan). (BeritaNasional/Oke Atmaja)

BeritaNasional.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar penetapan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai presiden dan wakil presiden 2024-2029. Pasangan Calon Presiden nomor urut 03 Ganjar Pranowo dan Mahfud MD terlihat tidak hadir saat penetapan.

Prabowo dan Gibran hadir kompak mengenakan pakaian serba putih hitam. Pasangan Calon Presiden nomor urut 01 Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar juga menyempatkan untuk hadir.

Ganjar mengaku absen saat penetapan presiden dan wakil karena tidak mendapatkan undangan. Ia pun sedang tidak berada di Jakarta.

"Saya baru terima kabar pagi ini. Semalam saya tanya staf saya: tidak ada undangan. Kebetulan saya di Yogya jadi tidak bisa datang. Tadi saya konfirmasi ke staf undangan awalnya untuk para ketua partai," katanya.

Politikus PDIP ini mengatakan, kalau sedang berada di Jakarta akan menyempatkan hadir.

"Kalau posisi saya di Jakarta, saya hadir. Makanya sampai dengan tadi malam saya tanya, apakah ada undangan? Jawabnya tidak ada," kata Ganjar.

Pimpinan PDI Perjuangan dan PPP sebagai pendukung Ganjar-Mahfud juga tidak hadir dalam penetapan presiden dan wakil presiden di KPU.

Pada saat rapat pleno penetapan, sejumlah menteri dan tokoh pimpinan partai politik hadir. Tokoh yang hadir di antaranya, Menko Polhukam Hadi Tjahjanto, Menko Perekonomian dan Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto, Mendagri Tito Karnavian, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Ketua Umum PAN dan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep, Ketua Demokrat dan Menteri ATR Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) hingga Ketua Umum PBB Yusril Ihza Mahendra.

Sementara itu, Anies mengaku kehadirannya dalam penetapan presiden dan wakil presiden sebagai bentuk penghormatan terhadap proses bernegara.

"Ini adalah sebuah proses bernegara dan kita menghormati proses bernegara ini hingga tuntas. Karena itulah kami hadir bersama di sini menghormati proses," katanya.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) resmi menetapkan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai pasangan calon presiden dan wakil presiden terpilih periode 2024-2029.

Penetapan tersebut dibacakan oleh Ketua KPU Hasyim Asyari pada rapat pleno terbuka di Ruang Sidang Utama KPU, Jakarta Pusat, Rabu (24/4/2024) pagi.

"Menetapkan pasangan calon nomor urut 02 Bapak Haji Prabowo Subianto dan Bapak Gibran Rakabuming Raka sebagai pasangan presiden dan wakil presiden terpilih dalam periode 2024 sampai dengan 2029," ujar Hasyim.

Dengan penetapan ini, Prabowo-Gibran akan dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden 2024 pada Oktober mendatang.

Sebagai informasi, Prabowo-Gibran berhasil memperoleh suara sebanyak 96.214.691 atau setara dengan 58,59 persen.

Sedangkan, pasangan calon Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar mendapat 40.971.906 suara atau 24,95 persen dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD sebanyak 27.040.878 suara alias 16,47 persen.

Perolehan suara tersebut ditetapkan dalam Keputusan KPU Nomor 360 Tahun 2024 dan dibacakan pada 20 Maret 2024 lalu.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: