Surya Paloh Ingin Gagasan Anies dan Ganjar Diakomodasi Prabowo

Oleh: Ahda Bayhaqi
Sabtu, 27 April 2024 | 18:32 WIB
Ketum NasDem bersama Presiden Terpilih Prabowo Subianto (kanan). (BeritaNasional/Elvis Sendouw)
Ketum NasDem bersama Presiden Terpilih Prabowo Subianto (kanan). (BeritaNasional/Elvis Sendouw)

BeritaNasional.com - Ketua Umum NasDem Surya Paloh berharap Presiden Terpilih Prabowo Subianto mengakomodasi gagasan-gagasan capres 01 Anies Baswedan dan capres 03 Ganjar Pranowo dalam satu benang merah dengan kebijakan pemerintah ke depan. 

Surya Paloh ingin Prabowo mengedepankan kepemimpinan ide pada pemerintahannya di periode 2024-2029.

"Ini adalah bagaimana ide-ide yang luar biasa dari 01-03 itu coba dicari benang merahnya dengan sebuah proses bagaimana meracik ini bersama," ujar Ketua DPP NasDem Willy Aditya di kantor DPP PKS, Jakarta, Sabtu (27/4).

"Jadi, kepemimpinan ide menjadi suatu harapan baru, orangnya boleh berbeda, orangnya boleh siapa saja, tetapi ide untuk kebaikan itu datang dari mana-mana. Bagaimana ini bisa dirajut itu concern-nya Pak Surya Paloh kemarin," jelas Willy.

Surya Paloh juga berpesan kepada Prabowo bahwa rekonsiliasi politik seusai Pemilu 2024 menjadi kewajiban kubu pemenang. Rekonsiliasi itu tidak cukup dengan safari politik saja.

"Bagaimana rekonsiliasi itu menjadi proyek bersama. Itulah political obligation dari pemenang, jadi obligasi itu tidak hanya cukup dengan safari politik. Tidak cukup dengan ketemu elite satu dengan elite yang lain," ungkap Willy.

Surya Paloh menginginkan ada proyek bersama yang dijalankan secara masif dan sistematis sebagai sebuah rekonsiliasi dengan pihak-pihak yang kalah pada Pemilu 2024.

"Sebuah proyek yang dijalankan secara sistematis secara masif dan massal di semua level," tuturnya.

Apalagi, suasana Pemilu 2024 sangat berbeda dengan dua pemilu sebelumnya. Usai Pemilu 2024, suasananya lebih cair dan guyub serta tidak terjadi perpecahan panjang di akar rumput.

"Kita punya elite-elite yang memberikan keteladanan yang luar biasa. Ini yang perlu kita jaga. Demokrasi kita semakin maju. Itu yang kita harus sama-sama menjadi proyek nasional," jelas Willy.sinpo

Editor: Tarmizi Hamdi
Komentar: