Piala Asia U-23 2024

Pelatih Irak Akui Timnas Indonesia U-23 Layak Dihormati, Kenapa?

Oleh: Harits Tryan Akhmad
Kamis, 02 Mei 2024 | 09:06 WIB
Timnas Indonesia U-23. (Foto/PSSI)
Timnas Indonesia U-23. (Foto/PSSI)

BeritaNasional.com - Pelatih Timnas Irak Radhi Shenaishil menilai Timnas Indonesia U-23 adalah tim yang layak untuk dihormati di perhelatan Piala Asia U-23 2024. Diketahui Timnas Indonesia merupakan debutan, namun memberikan kejutan sampai lolos ke babak semifinal.

Menjelang pertemuan Indonesia vs Irak di perebutan juara ketiga, Shenaishil mengungkapkan alasan skuad Merah Putih dikarenakan mampu menekuk tim yang kuat dalam perhelatan Piala Asia U-23 tersebut.

“Indonesia menang melawan Yordania, Australia, dan Republik Korea. Jadi mereka tidak datang ke sini secara kebetulan  dan mereka memiliki rencana dan strategi yang matang, yang membuat kami menghormati mereka dan (pada gilirannya) membuat kami lebih fokus,” kata Shenaishil dalam sesi konferensi pers sebagaimana dikutip dari laman AFC, Kamis (2/5/2024).

Tak memungkiri, Shenaishil pun sudah memantau secara langsung permain yang dilakukan oleh Indonesia. Bahkan dia memuji strategi yang diracik oleh Shin Tae-yong selama turnamen Piala Asia U-23 ini.

“Kami telah memantau pemain Indonesia dengan sangat cermat sejak awal turnamen – mereka sangat bagus, berkembang, dan terhormat di lapangan,” kata mantan bek Timnas Irak itu.

Menurut Shenaishil sepak bola Asia Tenggara dikenal dengan transisi yang cepat. Untuk itulah dia sudah siap mengantisipasi serangan-serangan yang bakal dibuat oleh Marselino Ferdinan dan kawan-kawan.

“Sepak bola ASEAN dikenal dengan transisi yang sangat cepat dan kita harus sangat berhati-hati untuk menghentikannya, terutama jika menyangkut penyerang mereka,” tandasnya.

Sekedar informasi Indonesia dan Irak akan berebut satu tiket terakhir untuk lolos langsung ke Olimpiade Paris 2024 sebagai wakil zona Asia. 

Jika kalah melawan Irak, tim asuhan Shin Tae-yong harus menjalani laga play-off interkontinental melawan wakil dari Afrika, timnas Guinea U-23 dan memenangi laga tersebut agar asa tampil di Olimpiade Paris 2024 bisa terwujud.sinpo

Editor: Harits Tryan Akhmad
Komentar: